Ilustrasi subsidi upah - - Foto: dok Shutterstock
Ilustrasi subsidi upah - - Foto: dok Shutterstock

Hore! Subsidi Gaji Cair Agustus

Ekonomi Tenaga Kerja Upah Kemenaker Stimulus Ekonomi Imbas Korona
Annisa ayu artanti • 29 Juli 2021 13:45
Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan subsidi upah/gaji bagi karyawan dengan pendapatan di bawah Rp3,5 juta per bulan akan dicairkan Agustus 2021. Besaran bantuan yang diberikan yakni Rp1 juta dan ditransfer ke rekening masing-masing penerima.
 
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengatakan aturan-aturan pendukung mengenai pencairan subsidi gaji tersebut sudah rampung seperti Peraturan Menteri Kementerian Ketenagakerjaan tentang subsidi upah 2021.
 
"Alhamdulillah kalau dari Permenaker-nya sudah selesai, sudah dibahas dengan Kemenkumham untuk harmonisasi dan sudah mendapatkan nomor," katanya kepada Medcom.id, Kamis, 29 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis yang mengatur bagaimana mekanisme atau prosedur penyaluran subsidi gaji juga hampir selesai, mulai dari data yang digunakan hingga mekanisme pelaporan.
 
"Ini memang sudah tahapan selesai. InsyaAllah sebentar lagi selesai," terang dia.

 
Terkait data yang digunakan, pemerintah kembali menggunakan data BPJS Ketenagakerjaan yang disinkronisasikan dengan calon penerima yang berhak di wilayah PPKM level tiga dan empat.
 
"Kita menggunakan BPJS Ketenagakerjaan. Itu sinkronisasi dengan jumlah penerima di PPKM level tiga dan empat," pungkasnya.

Adapun kriteria pekerja/buruh yang mendapat BSU di antaranya Warga Negara Indonesia (WNI); Pekerja/Buruh penerima Upah; dan terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan.
 
Kriteria lainnya adalah pekerja/buruh calon penerima BSU berada di Zona PPKM IV sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2021 jo Nomor 23 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro Dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 Di Tingkat Desa Dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019.
 
Kriteria selanjutnya adalah peserta yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp3,5 juta sesuai upah terakhir yang dilaporkan Pemberi Kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan.
 
Kriteria terakhir adalah pekerja/buruh pada sektor yang terdampak PPKM antara lain industri barang konsumsi, perdagangan dan jasa (kecuali jasa pendidikan dan kesehatan), transportasi, aneka industri, properti, dan real estat.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif