Ilustrasi pedagang daging. Foto: Medcom.id.
Ilustrasi pedagang daging. Foto: Medcom.id.

Jalan Tengah Harga Daging dari Hulu Telah Disepakati Rp94 Ribu/Kg

Ekonomi daging daging sapi harga daging Kementerian Perdagangan
Antara • 22 Januari 2021 18:47
Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) langsung turun tangan menanggapi aksi mogok pedagang daging di beberapa wilayah.
 
Kemendag pun memfasilitasi pertemuan antara Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) dan Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia (Gapuspindo).
 
Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra menuturkan dari pertemuan itu kedua pihak sepakat mengambil jalan tengah penetapan harga dari hulu pada kisaran Rp94 ribu per kilogram (kg). Sehingga pedagang ritel bisa menjual di bawah harga Rp120 ribu per kg.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini sebagai langkah jangka pendek. Kami juga sudah tentukan langkah jangka menengah dan jangka panjang, terutama melalui kebijakan impor di luar Australia yang terus menaikkan harga sapi," kata Syailendra, dikutip dari Antara, Jumat, 22 Januari 2021.
 
Ketua APDI Asnawi pun menyambut positif jalan tengah yang telah disepakati bersama Gapuspindo.
 
Bahkan, kata Asnawi, sejak terjadinya kesepakatan itu, APDI telah meminta seluruh pedagang daging untuk kembali melanjutkan kegiatannya dan menghentikan aksi mogok.
 
"Sekarang, para pedagang sudah bisa menjual daging dengan harga terendah Rp105 ribu per kg dari sebelumnya yang bisa di atas Rp120 ribu per kilogram," jelas Asnawi.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif