Perikanan. Foto : MI.
Perikanan. Foto : MI.

Ekspor Perikanan Jateng Berdampak Positif Pemulihan Ekonomi

Antara • 26 Agustus 2021 17:48
Semarang: Kepala Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Semarang Raden Gatot Perdana menyebut kinerja ekspor perikanan di Jawa Tengah berdampak positif pada pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi covid-19.
 
"Dari sisi global, berbagai indikator dini telah menunjukkan pemulihan diantaranya peningkatan volume ekspor hingga kinerja ekspor impor. Sedangkan di dalam negeri, pemulihan ekonomi terlihat dari mobilitas masyarakat yang mulai meningkat sejalan dengan kasus covid-19 yang semakin melandai," kata Raden, dikutip dari Antara, Kamis, 26 Agustus 2021.
 
Ia mengungkapkan Indikator perkembangan lalu lintas ekspor perikanan Jateng menunjukkan pemulihan secara bertahap sejak Mei hingga Juli 2021 yakni volume ekspor menyentuh 3.552 ton selama Juli 2021, serta nilai ekspor secara signifikan meningkat dari Rp382 miliar menjadi Rp429 miliar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Negara yang menerima produk perikanan Jateng sebanyak 18 negara dan 56 jenis komoditas perikanan yang diminati oleh pangsa pasar ekspor. Komoditas yang tercatat dalam lima komoditas teratas ekspor unggulan baik dari frekuensi, volume maupun nilai adalah daging rajungan, cumi-cumi, surimi, sisik ikan, udang, ikan kakap, ikan swangi dan ikan kuro.
 
"Perbaikan ekonomi bidang perikanan ini terutama terlihat dari kinerja ekspor Jateng pada bulan ini yang terserap ke sejumlah negara seperti Tiongkok, Jepang, Amerika Serikat, Malaysia, dan Taiwan," ujarnya.
 
Berdasarkan catatan BKIPM Semarang, sebagai otoritas kompeten dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, pertumbuhan ekonomi Jateng di bidang perikanan hingga akhir semester pertama 2021 ini telah bertambah unit pengolahan ikan baru sebanyak tiga unit dan instalasi karantina ikan milik swasta sebanyak dua unit.
 
Menurut dia, hal tersebut menjadi bukti dan energi baru dalam mendukung perbaikan ekonomi nasional di Jateng, dengan pergerakan roda ekonomi mulai terlihat.
 
Gatot berharap perbaikan perekonomian ini dapat terus membaik pada triwulan ketiga 2021, terlihat dari berbagai indikator yang meningkat, menunjukkan ekonomi terus membaik sebagai cerminan ekspektasi konsumen, nilai ekspor, dan volume yang terus bertumbuh.
 
Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif