Ilustrasi. Foto : MI/Arya Manggala.
Ilustrasi. Foto : MI/Arya Manggala.

Perusahaan Rintisan Kesehatan Bantu Rumah Sakit Atasi Covid-19

Ekonomi Rumah Sakit
Antara • 21 April 2020 18:50
Jakarta: Perusahaan rintisan (startup) kesehatan Hellofit mendonasikan sebanyak 1.000 masker N95, 10 ribu masker kain, Alat Pelindung Diri (APD) dan alat medis senilai Rp700 juta kepada RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, sebagai bentuk kepedulian ikut memutus mata rantai penyebaran wabah virus korona. Sebelumnya, Hellofit juga telah menyalurkan bantuan APD dan peralatan medis di kota Solo dan kepada RSUP dr Kariadi Semarang.
 
“Tindakan pencegahan penularan covid 19 di Yogya sudah berjalan baik. Diharapkan laju kenaikan jumlah penderita covid-19 dapat terus ditekan. Bantuan kepada RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, supaya bisa dimaksimalkan untuk memberi perlindungan kepada tenaga medis,” kata Founder dan CEO Hellofit Vincent Geraldi dikutip dari Antara, Selasa, 21 April 2020.
 
Ia menjelaskan, bantuan ini didasari keprihatinan agar tenaga medis dilengkapi dengan APD sesuai dengan standar yang berlaku. Tenaga medis yang bertugas harus dilengkapi APD sesuai standar sehingga butuh perlindungan maksimal saat menangani pasien.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain 1.000 masker N95 dan 10 ribu masker kain, juga didonasikan 500 baju hazmat, 2.000 sarung tangan medis, 500 face shield, 500 kacamata pelindung, 10 ribu masker kain, 1.000 botol, dan 48 galon hand sanitizer.
 
Penyerahan bantuan diterima langsung oleh Direktur Utama RSUP Dr Sardjito dr Rukmono Siswishanto, M.Kes., Sp.OG (K) didampingi Direktur Perencanaan, Organisasi, dan Umum drg. Rini Sunaring Putri, M.Kes.
 
Direktur Utama RSUP Dr Sardjito dr Rukmono Siswishanto mengatakan, Pemerintah Daerah dan Tim Gugus Penanganan covid-19 telah berupaya keras menyediakan APD karena jumlahnya belum mencukupi. Karena itu, bantuan dari berbagai pihak sangat dihargai.
 
Menurut dr Rukmono, untuk menangani covid-19 perlu uluran berbagai pihak. Apalagi RS Dr Sardjito telah ditunjuk sebagai pusat rujukan covid-19. Pihaknya pun sangat menghargai ketulusan dan nilai gotong royong yang muncul dalam menghadapi pandemi covid-19.
 
“Adanya bantuan ini menjadi bukti nyata dukungan penuh bagi tenaga medis. Salut ada anak muda yang turun langsung. Semoga menjadi inspirasi bagi anak-anak muda lainnya untuk membantu. Tidak hanya itu, anak-anak muda juga harus memiliki kesadaran tinggi akan bahaya covid-19. Ringankan tugas rumah sakit dengan melindungi diri dari penularan korona,” katanya.
 
Vincent mengaku senang ikut mengambil bagian untuk terjun langsung membantu para dokter dan tenaga medis lainnya di RSUP Dr Sardjito. Dia pun mengajak anak muda lainnya untuk aktif membantu memerangi pandemi covid-19. Apalagi sekarang ada pasien yang merupakan Orang Tanpa Gejala. Maka, perlindungan tenaga medis menjadi hal mutlak yang harus dipenuhi.
 
Hellofit merupakan aplikasi rintisan yang menyediakan layanan kesehatan untuk para penggunanya. Diluncurkan pada 10 April di Solo, Hellofit memiliki misi sosial, yakni membantu kelompok yang tidak mampu dalam mengakses kesehatan, di mana masyarakat dapat berkonsultasi langsung dengan para dokter yang telah tergabung dalam aplikasi dan mendapatkan informasi kesehatan secara cuma-cuma.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif