Ilustrasi. Foto: Pexels
Ilustrasi. Foto: Pexels

Obat Covid Remdesivir Kalbe Farma Dijual Rp3 Juta/Botol

Ekonomi kalbe farma virus corona covid-19
Annisa ayu artanti • 01 Oktober 2020 14:25
Jakarta: Obat covid-19 yakni remdesivir dijual PT Kalbe Farma Tbk seharga Rp3 juta per vial. Vial dalam bahasa kedokteran diartikan botol kecil. Adapun dalam satu vial ini berisi 100 miligram (mg).
 
Obat dengan merk Covifor tersebut merupakan produksi PT Amarox Global Pharma, perusahaan asal India dan anak usaha perusahaan Hetero.
 
"Harga saat ini sekitar Rp3 juta. Memang ini sangat tergantung volume, kalau (permintaan) meningkat bisa ditinjau kembali," kata President Director Kalbe Farma Vidjongtius dalam konferensi pers virtual, Kamis, 1 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vidjongtius memastikan suplai obat tersebut tidak terbatas karena Amarox mampu menyediakannya. Emiten berkode KLBF tinggal memasarkan dan mendistribusikannya di Indonesia.
 
"Amarox India punya kapasitas besar, dan disesuaikan dengan kebutuhan di Indonesia," ucapnya.
 
Meski demikian, penjualan obat untuk penanganan pasien covid-19 tersebut tidak dijual eceran di apotek, melainkan hanya dijual di rumah sakit saja.
 
Menurutnya, dengan distribusi ke rumah sakit obat yang berfungsi mencegah proses replikasi virus itu akan tepat guna penggunaanya.
 
"Distribusi obat ini akan langsung ke rumah sakit, tidak bisa ke instalasi yang lain, apotek. Kami yakinkan distribusi ini bisa dilakukan dengan tepat di RS tersebut," tuturnya.
 
Di kesempatan sama, Country Manager of PT Amarox Pharma Global Sandeep Sur menjelaskan obat ini sudah dijual sebanyak satu juta dosis di India. Ia juga berharap obat ini bisa diterima di pasar Indonesia.
 
"Sudah terjual lebih dari satu juta dosis Covifor di India. Saya berharap produk ini akan diterima cukup baik di pasar," jelas Sandeep.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif