Batu Bara. Foto: Dok/MI
Batu Bara. Foto: Dok/MI

PLN Khawatirkan Kenaikan Harga Batu Bara

Ekonomi batu bara Ekspor Minerba
MetroTV • 14 Juli 2021 14:31
Jakarta: Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengkhawatirkan harga batu bara yang melonjak di pasar internasional. Mengingat harga acuan yang ditetapkan pemerintah jauh lebih rendah.
 
Harga batu bara di pasar global saat ini melonjak dengan kisaran USD140-150 per metrik ton. Sementara pemerintah menetapkan harga batu bara sebesar USD115 per metrik ton. Dengan harga acuan dalam negeri yang wajib dipenuhi oleh produsen batu bara masih sebesar USD72 per metrik ton.
 
Harga tersebut ditakutkan membahayakan keuangan PLN yang berencana konsumsi sekitar 121 juta metrik ton batu bara tahun ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan selisih harga tadi 70 ke 115 ada 45. Dengan volume tersebut itu ada tambahan sekitar 78 triliun sendiri, tambahannya untuk batu bara," jelas Direktur Eksekutif Reforminer Komaidi Notonegoro dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia, Rabu, 14 Juli 2021.
 
Tahun 2020 pun PLN hanya mencatatkan keuntungan hampir Rp6 triliun. Dan masih memiliki total hutang sebanyak hampir Rp649 triliun.
 
Produsen batu bara ditakutkan lebih tertarik menjual komoditasnya di pasar internasional. Tentu saja hal ini akan berdampak terhadap pasokan batu bara untuk pembangkit listrik PLN. (Widya Finola Ifani Putri)
 
(MBM)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif