Pariwisata Sulut. Foto : Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf.
Pariwisata Sulut. Foto : Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf.

Pelaku Pariwisata Sulut Siap Hidup di Tengah Keterbatasan

Ekonomi pariwisata indonesia
Antara • 31 Mei 2020 08:36
Manado: Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengatakan sektor pariwisata di daerah ini bersiap menghadapi pemberlakuan new normal atau kenormalan baru.
 
“Ibaratnya covid-19 tidak dapat dihilangkan tapi kita harus kendalikan. Tentang new normal tadi dibahas dengan pemerintah pusat dan mau tidak mau dari sekarang kita harus menciptakan hidup terbiasa dengan itu,” kata Kandouw dalam vidcon yang difasilitasi Kadis Pariwisata Sulut Henry Kaitjily di Manado dikutip dari Antara, Minggu, 31 Mei 2020.
 
Pemberlakuan normal baru di tengah pandemi covid-19 ini diibaratkan Wagub seperti penyakit cacar yang dulu sangat mematikan, namun sampai sekarang tidak hilang dan telah memiliki vaksin.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harus mempunyai paradigma seperti itu juga dengan covid-19 dalam kehidupan sehari-hari sampai vaksinnya ditemukan,” katanya.
 
Kandouw mengingatkan semua pelaku pariwisata bersiap hidup di tengah keterbatasan.
 
“Pemerintah berupaya melakukan relaksasi keuangan, ke depan format kepariwisatan harus diubah sesuaikan dengan keadaan. Mau tidak mau semua transaksi kepariwisataan kita harus dijalankan secara online," sebutnya.
 
Protokol covid-19 lanjut dia, harus diterapkan dengan menggunakan masker dan hand sanitizer.
 
“Tunjukkan kepada calon-calon turis domestik maupun internasional bahwa di Sulut aman karena menjalankan protokol covid-19, hotel-hotel harus terapkan protokol itu," ujarnya.
 
Pariwisata Sulut jangan mundur, tetapi harus mempersiapkan diri. Ke depan harus optimistis akan terjadi ledakan pariwisata yang akan memberikan efek positif bagi kita semua.
 
Wagub juga berharap kesetiakawanan dan kekompakan harus dijaga terutama di antara pelaku-pelaku pariwisata, menciptakan inovasi- inovasi baru, membangun jejaring baru serta berikan layanan bagus agar semua orang betah berlibur ke Sulut.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif