Ilustrasi perbaikan gardu listrik PLN yang terdampak bencana - - Foto: dok PLN
Ilustrasi perbaikan gardu listrik PLN yang terdampak bencana - - Foto: dok PLN

21.165 Listrik Pelanggan Masih Padam Pascabadai Siklon NTT

Ekonomi Listrik PLN badai NTT
Suci Sedya Utami • 21 April 2021 14:53
Kupang: PT PLN (Persero) berhasil memulihkan 3.857 gardu distribusi yang terdampak di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada hari ke-13 pascabadai siklon. Sebanyak 96,4 persen dari 4.002 gardu distribusi kini telah menyala.
 
Artinya 145 gardu distribusi masih belum beroperasi kembali. Perseroan mencatat 616.814 pelanggan di NTT kini telah kembali menikmati listrik.
Jumlah tersebut sebesar 97 persen dari total 637.979 pelanggan PLN yang mengalami pemadaman. Dengan kata lain masih ada 21.165 pelanggan yang listriknya masih padam.
 
"Masih ada 3,6 persen guru di titik-titik tersulit dan medan yang sangat berat yang harus dipulihkan. Masih ada sekitar tiga persen pelanggan yang gelap gulita. Kami akan segera pulihkan kelistrikannya," kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini di Kupang, Rabu, 21 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mempercepat proses pemulihan, PLN mengerahkan 1.316 personel, dengan mendatangkan tenaga bantuan dari NTB, Maluku, Sulawesi, Papua, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.
 
Selain itu, 227 relawan yang membantu petugas di lapangan, ditambah bantuan 30 anggota pasukan TNI serta anggota Polri mempercepat pekerjaan. Ditambah lagi bantuan dari warga sekitar.
 
Tower 19 yang roboh sudah tergantikan oleh tower emergency, sehingga hampir 170 ribu pelanggan di empat kabupaten di Pulau Timor dapat menikmati listrik kembali.
 
Belajar dari musibah bencana badai dan hujan ekstrem ini pula, PLN akan memitigasi untuk menempatkan tower-tower yang rawan ke tanah yang lebih stabil, memperkuat pondasi tapak. Selain itu, PLN akan memperkuat sistem kelistrikan Timor dengan membangun 2 jalur eksisting 70 kilo volt (kV) dan jalur kedua bertegangan 150 kV.
 
"Inspeksi dan pemeliharaan rutin pada jaringan distribusi 20 kV juga akan dikerjakan, karena itulah jaringan yang akan menghubungkan listrik sampai ke rumah-rumah pelanggan," pungkas dia.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif