Sektor pendidikan. Foto : MI/Gino Hadi.
Sektor pendidikan. Foto : MI/Gino Hadi.

Masuk Tahun Ajaran Baru, Kelompok Pendidikan Sumbang Inflasi di Agustus

Ekonomi pendidikan Inflasi BPS
Eko Nordiansyah • 01 September 2021 12:27
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perkembangan harga pada Agustus 2021 mengalami inflasi sebesar 0,03 persen. Inflasi pada bulan lalu ini disumbangkan oleh kelompok pendidikan dengan andil 0,07 persen dan mengalami inflasi 1,2 persen.
 
"Ini cukup tinggi memang karena tahun ajaran baru yang terjadi di Agustus ini," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto dalam video conference di Jakarta, Rabu, 1 September 2021.
 
Ia menambahkan uang sekolah SD, SMP, maupun uang kuliah mengalami peningkatan dengan andil kepada inflasi masing-masing 0,02 persen. Sementara uang sekolah SMA yang juga mengalami kenaikan memberi andil inflasi sebesar 0,01 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Minyak goreng memberi andil terhadap inflasi 0,02 persen. Beberapa komoditas lain seperti tomat, ikan segar, pepaya, rokok kretek, dan sewa rumah, ini juga mengalami peningkatan dan masing-masing memberi andil 0,01 persen," ungkapnya.
 
Meski begitu, kelompok makanan, minuman, dan tembakau mengalami deflasi 0,32 persen pada Agustus 2021. Kelompok ini memberi andil terhadap deflasi sebesar minus 0,08 persen bersama kelompok transportasi dengan andil minus 0,01 persen.
 
Adapun beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga sehingga memberikan andil terhadap deflasi adalah cabai rawit, daging ayam ras, cabai merah, bayam, buncis, kacang panjang, kangkung, sawi hijau, dan tarif angkutan udara.

 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif