Menteri ESDM Arifin Tasrif. FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami
Menteri ESDM Arifin Tasrif. FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami

Menteri ESDM: Energi Panas Bumi Mampu Dongkrak Perekonomian Daerah

Ekonomi panas bumi Kementerian ESDM ekonomi daerah
Antara • 04 September 2021 10:43
Sukabumi: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Arifin Tasrif mengatakan pemanfaatan energi panas bumi mampu mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah. Salah satunya yang berada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang mempunyai banyak sumber energi panas bumi.
 
"Potensi energi panas bumi di Kabupaten Sukabumi tentunya harus benar-benar dimanfaatkan karena sumber energi ini lebih bersih dan yang terpenting mampu mendongkrak perekonomian daerah," kata Arifin, usai meresmikan pengeboran pertama slim hole panas bumi sumur CKK-01 dan 02 di Kecamatan Cikakak, Sukabumi, dilansir dari Antara, Sabtu, 4 September 2021.
 
Menurutnya diharapkan pengeboran perdana ini bisa dilaksanakan secara maksimal, sehingga bisa menambah cadangan energi bersih di dalam sistem energi nasional. Jika awal pengeboran ini bisa dimaksimalkan tentunya mampu menarik investor yang bisa menciptakan efek berantai berupa kegiatan ekonomi di wilayah Kecamatan Cikakak dan sekitarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tentunya, dalam proyek pemanfaatan sumber energi panas bumi ini warga sekitar harus dilibatkan, sehingga nantinya setelah ada investor yang tertarik terjadi kegiatan ekonomi di daerah ini yakni Kecamatan Cikakak.
 
Di tempat yang sama, Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengatakan Kabupaten Sukabumi memiliki banyak lokasi sumber Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian daerah khususnya masyarakat.
 
Maka dari itu, dengan diresmikannya pengeboran slim hole panas bumi di Kecamatan Cikakak diharapkan bisa berdampak terhadap peningkatan perekonomian warga Kabupaten Sukabumi khususnya Kecamatan Cikakak.
 
Ia meyakini jika proyek pemanfaatan energi panas bumi ini berjalan dengan lancar maka akan mendukung pembangunan infrastruktur daerah, kesejahteraan dan terjadi efek berantai terhadap perekonomian masyarakat.
 
"Potensi sumber energi panas bumi yang ada di Kabupaten Sukabumi banyak seperti di Kecamatan Cikakak ini, Ciemas, Kalapanunggal, dan Kabandungan. Diharapkan pemanfaatannya bisa berjalan lancar dan kami pun meminta dukungan dari masyarakat," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif