Penyelenggaraan DSC XI 2020 - - FOoto: Medcom/ Ilham Wibowo
Penyelenggaraan DSC XI 2020 - - FOoto: Medcom/ Ilham Wibowo

Pelaku UMKM Ditantang Lakukan Gebrakan

Ekonomi Pemulihan Ekonomi UMKM Indonesia
Ilham wibowo • 14 Agustus 2020 19:13
Jakarta: Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air mendapat tantangan dalam melakukan gebrakan di tengah pandemi covid-19. Sebab, sektor ini menyerap jumlah tenaga kerja yang cukup banyak serta menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.
 
"Penguatan iklim wirausaha secara umum di Indonesia sangat mendesak dilakukan," kata Ketua Dewan Komisioner Diplomat Success Challenge (DSC) XI 2020 Surjanto Yasaputera dalam konferensi pers, Jumat, 14 Agustus 2020.
 
Karena itu, DSC 2020 kembali digelar dalam rangka ajang kompetisi wirausaha yang diinisiasi oleh Wismilak Foundation tersebut. Setiap tahun, DSC memberikan hadiah hibah modal usaha total Rp2 miliar, pendampingan dan edukasi bagi peserta yang terpilih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Melalui DSC XI 2020 kami ingin menggelorakan kebangkitan ekonomi dan DSC dapat menjadi rumah bagi para wirausahawan untuk mengembangkan bisnisnya," ucap Surjanto.
 
Adapun tema penyelenggaraan DSC XI 2020 yakni #BikinGebrakan sebagai bentuk dukungan dan dorongan kepada generasi muda untuk berani berwirausaha. Pelaku UMKM pun perlu membuat gebrakan dalam bisnis, khususnya yang bisa relevan dengan kebutuhan dan situasi terkini.
 
"Penyelenggaraan DSC XI 2020 di tengah pandemi ini tetap perlu dilakukan sebagai upaya kami berpartisipasi turut mendukung ketahanan dan keberlangsungan dunia usaha di Indonesia, yang jadi salah satu kunci dalam mengatasi krisis," ungkapnya.
 
Program Initiator DSC Edric Chandra menyampaikan adanya pandemi covid-19 merupakan momentum krisis yang harus dibajak untuk melakukan lompatan kemajuan. Misalnya dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang serba digital.
 
"Kami berharap DSC dapat menumbuhkan generasi muda yang percaya diri dan tangguh untuk membuat gebrakan bisnis, dan kami siap mendukung lahirnya ide dan terobosan bisnis baru yang relevan dan dibutuhkan oleh masyarakat saat ini," kata Edric.
 
Pendaftaran kompetisi DSC XI segera dibuka pada 19 Agustus 2020 hingga 19 Oktober 2020. Kompetisi terbuka ini hanya boleh diikuti secara perorangan dan pesertanya bisa mengirimkan ide bisnis sebanyak-banyaknya baik konsep jasa maupun produk olahan.

 
Setelah pendaftaran ditutup, tahap selanjutnya yakni seleksi untuk mendapatkan 1000 peserta terbaik, yang kemudian akan diseleksi lagi untuk menjadi 150 peserta terbaik. Selanjutnya akan dikerucutkan lagi menjadi 20 finalis, yang terpilih untuk lolos mengikuti tahap inkubasi, market challenge, dan berakhir dengan final day pada Desember 2020.
 
Bagi peserta yang lolos seleksi dan memperoleh modal usaha senilai total Rp2 miliar. Pendampingan akan diberikan selama dua tahun tanpa biaya dengan materi yang disesuaikan dengan ide bisnis peserta.
 
(Des)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif