Pemerintah siapkan lahan di kalimantan untuk cetak sawah. Foto: Dok.Metro TV
Pemerintah siapkan lahan di kalimantan untuk cetak sawah. Foto: Dok.Metro TV

Alasan Pemerintah Siapkan Lahan di Kalimantan untuk Cetak Sawah

Ekonomi jokowi pangan restorasi lahan gambut
Suci Sedya Utami, Nur Azizah • 05 Mei 2020 17:03
Jakarta: Presiden Joko Widodo menginstruksikan untuk menyulap lahan gambut menjadi lahan persawahan baru dalam rangka menghadapi potensi kelangkaan pangan.
 
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan berdasarkan laporan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Pertanian, lahan gambut yang disiapkan seluas 200 ribu hektare (ha).
 
"Arahan Bapak Presiden bahwa ini untuk ditinjau kembali, termasuk infrastrukturnya," kata Airlangga, Jakarta, Selasa, 5 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan lahan tersebut berada di Kalimantan. Ia mengatakan alasan Kalimantan dipilih yakni karena wilayah tersebut masih memiliki curah hujan yang relatif baik hingga November 2020, sehingga menjadi salah satu alternatif yang dipertimbangkan.
 
Oleh karenanya dengan perhitungan tersebut maka pemerintah memilih lahan-lahan gambut di Kalimantan untuk dikonversi menjadi lahan pertanian.
 
Sebelumnya Organisasi pangan dunia (FAO) memprediksi pandemi covid-19 yang meluas akan menjadi ancaman krisis pangan dunia. Di sisi lain, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian wilayah akan memasuki kekeringan.
 
"Menghadapi saran dari FAO dan juga BMKG terkait akan adanya musim kering di Agustus di tahun ini di daerah Jawa, Sulawesi Selatan dan NTB. Bahkan NTB sudah mulai lebih dahulu, maka Kalimantan yang mempunyai curah hujan relatif masih cukup baik," jelas dia.
 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif