Ilustrasi. FOTO: MI/SUSANTO
Ilustrasi. FOTO: MI/SUSANTO

PLN Dorong Penggunaan Listrik di Sektor Pertanian

Ekonomi listrik pembangkit listrik PLN
Suci Sedya Utami • 04 September 2020 11:12
Jakarta: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) terus berupaya memperluas jangkauannya untuk bisa mengaliri listrik di semua kegiatan di dalam negeri, termasuk di sektor pertanian. Harapannya PLN bisa bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi di Tanah Air.
 
Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan pihaknya telah menghadirkan layanan electrifying agriculture untuk pertanian, peternakan, perkebunan dan juga perikanan dengan penggunaan pompa listrik sebagai pengganti penggunaan pompa diesel untuk pengairan.
 
Dengan konversi bahan bakar energi untuk sistem irigasi di sektor pertanian ini, Bob mengatakan memberikan manfaat pada para petani salah satunya berupa penghematan biaya operasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Petani yang semula menggunakan pompa diesel bisa melakukan penghematan hingga 60 persen setelah beralih ke pompa listrik," kata Bob, dalam webinar listrik dan produktivitas usaha tani, Jumat, 4 September 2020.
 
Selain itu, petani yang semula mengandalkan pengairan tahan hujan, dengan adanya peralihan penggunaan listrik ini bisa menikmati peningkatan masa panen dari 1-2 kali per tahun menjadi tiga kali per tahun.
 
Bahkan, kata Bob, dalam kegiatan budidaya buah naga di Banyuwangi, misalnya, kehadiran listrik ini bisa meningkatkan produktivitas petani yang sebelumnya hanya berbuah musiman, kini bisa berbuah sepanjang tahun.
 
Bob mengatakan PLN ingin lebih fokus memberikan dukungan kelistrikan bagi usaha tani dan siap bersinergi untuk memberikan kemudahan layanan listrik guna meningkatkan produktivitas pertanian. Adapun di tahun lalu, PLN telah melakukan 6.584 penyambungan baru untuk pertanian khususnya yang bermigrasi dari BBM.
 
Ia berharap di tahun ini jumlah sambungan baru bisa menjangkau lebih luas. Apalagi, melihat data pertumbuhan sektor pertanian yang positif di tengah kontraksi pertumbuhan ekonomi, Bob mengatakan, hal ini memberikan semangat bagi PLN untuk bersinergi memperluas dukungan listrik untuk meningkatkan produktivitas dan mendorong efisiensi usaha tani.
 
"InsyaAllah dalam waktu dekat kita akan adakan MoU kerja sama bagaimana meningkatkan sinergi antar PLN depan Departemen Pertanian untuk meningkatkan produktivitas pertanian," pungkas Bob.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif