Ilustrasi pembangkit listrik. Foto: Antara/Idhad Zakaria
Ilustrasi pembangkit listrik. Foto: Antara/Idhad Zakaria

Dorong EBT, BKPM Tangani Tiga Investasi Proyek PLTA

Ekonomi investor BKPM Energi Terbarukan
Suci Sedya Utami • 22 September 2020 19:00
Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ikut mendorong pengembangan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Tanah Air dengan menangani tiga investasi pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
 
"Sekarang kita di BKPM lagi meng-handle tiga investasi besar untuk PLTA," kata Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 22 September 2020.
 
Bahlil mengatakan ketiga PLTA terletak di Kalimantan Timur yakni PLTA Sungai Tabang; Papua, PLTA Sungai Membermo; dan Kalimantan Utara, PLTA Sungai Kayan. Pembangunan PLTA dinilai penting sebagai upaya bagi Indonesia untuk mengurangi penggunaan batu bara sebagai bahan bakar utama Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang dinilai tidak ramah lingkungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ke depan saya pikir perubahan paradigma dari energi yang berbasis batu bara sudah harus kita dorong ke EBT," jelas Bahlil.
 
Mengutip data Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kapasitas terpasang pembangkit EBT hingga Mei lalu baru sebesar 10.426 megawatt (MW). Dari besaran tersebut, PLTA menyumbang sebesar 4.701 MW ongrid dan 938 MW offgrid.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif