Bendara India. Foto ; AFP.
Bendara India. Foto ; AFP.

Populer Ekonomi: Pengiriman Tabung Gas Oksigen ke India Jadi Sorotan

Ekonomi indonesia-india pandemi covid-19 Berita Terpopuler Ekonomi
Arif Wicaksono • 30 Mei 2021 09:43
Jakarta: Berita mengenai pengiriman 2 000 tabung gas oksigen indonesia ke India menjadi topik terfavorit pembaca Medcom.id pada Sabtu, 29 Mei 2021. Indonesia dikabarkan mengirim bantuan ke India untuk mengatasi naiknya korban akibat pandemi covid-19.
 
Selain itu, berita menarik lainya datang dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meminta manajemen PT Hero Supermarket Tbk (HERO) untuk membuka ruang dialog dengan para pekerjanya. Hal ini seiring dengan rencana penutupan seluruh gerai Giant pada Juli 2021.
 
Kemudian ada Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang mendorong perbankan syariah menjalin bisnis dengan kementerian/lembaga. Hal tersebut seiring dengan dikeluarkannya aturan baru perbankan syariah sebagai bank penyalur gaji Aparatur Sipil Negara (ASN). Berita selenkapnya dibawah ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Tahap Kedua, RI Kirim 2.000 Tabung Gas Oksigen ke India
 
Indonesia kembali mengirim bantuan berupa tabung gas oksigen ke India untuk penanganan korban pandemi covid-19. Pada tahap dua ini, dikapalkan sebanyak 2.000 tabung gas oksigen dengan kapasitas enam meter kubik (setara 40 liter). Sebelumnya, di tahap pertama sudah dilepas sebanyak 1.400 tabung dari total 3.400 tabung yang akan diberikan.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan langkah pengiriman bantuan tabung oksigen dari Pemerintah Indonesia ke India menjadi simbol kerja sama yang erat dan saling mendukung dalam menghadapi pandemi. India adalah mitra penting Indonesia termasuk dalam penanganan pandemi covid-19.
 
Baca berita selengkapnya di sini
 
2. Giant Tutup, Menaker Minta Kejelasan Nasib Pekerja
 
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meminta manajemen PT Hero Supermarket Tbk (HERO) untuk membuka ruang dialog dengan para pekerjanya. Hal ini seiring dengan rencana penutupan seluruh gerai Giant pada Juli 2021.
 
"Kita tetap akan melanjutkan proses fasilitasi dengan kembali mengundang kedua belah pihak, sehingga kita dapat memperoleh penjelasan yang lengkap mengenai rencana penutupan ritel Giant ini, termasuk mengenai kejelasan nasib para pekerjanya ke depannya," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam keterangan tertulis, Sabtu, 29 Mei 2021.
 
Baca berita selengkapnya di sini
 
3. Wapres Dorong Perbankan Syariah Jadi Bank Penyalur Gaji ASN
 
Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendorong perbankan syariah menjalin bisnis dengan kementerian/lembaga. Hal tersebut seiring dengan dikeluarkannya aturan baru perbankan syariah sebagai bank penyalur gaji Aparatur Sipil Negara (ASN).
 
"Pemerintah berharap ke depan akan semakin banyak perbankan syariah yang berperan dalam mendukung berbagai program pemerintah termasuk aktivitas keuangan BUMN," katanya, dilansir dari Mediaindonesia.com, Sabtu, 29 Mei 2021.
 
Baca berita selengkapnya di sini
 
4. Kawasan Food Estate Harus Pasok Kebutuhan Pangan ke Seluruh Indonesia
 
 Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo berharap hasil pertanian dari kawasan food estate yang ada di daerah bisa memasok hasil pertanian untuk seluruh wilayah Indonesia.
 
"Food estate adalah jawaban untuk menyediakan pangan bagi 273 juta jiwa penduduk Indonesia. Stabilitas negara dipengaruhi oleh stabilitas pangan suatu daerah," ujar Syahrul, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 29 Mei 2021.
 
Baca berita selengkapnya di sini
 
5. Kuartal II, 40 Ruas Tol akan Uji Coba Teknologi Nirsentuh
 
Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan menguji coba sistem transaksi tol nirsentuh pada 40 ruas tol pada kuartal II atau III tahun ini. Pembayaran di gerbang tol secara nasional tersebut akan menerapkan sistem Single Lane Free Flow (SLFF) maupun Multi Lane Free Flow (MLFF).
 
"Tahun ini akan dimulai konstruksi, instalasi dari sensor dan gantry sehingga harapannya teknologi MLFF pada kuartal II atau kuartal III tahun ini sudah bisa mulai diuji coba untuk 50 persen dari seluruh gardu tol yang ada di Indonesia," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit di Depok, Jawa Barat, dikutip Sabtu, 29 Mei 2021.
 
Baca berita selengkapnya di sini

 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif