Ilustrasi UMKM merambah penjualan melalui platform digital - - Foto: dok AFP
Ilustrasi UMKM merambah penjualan melalui platform digital - - Foto: dok AFP

UMKM Go Digital Dongkrak Kinerja Perdagangan Indonesia

Ekonomi perdagangan UMKM layanan digital
Desi Angriani • 20 November 2020 16:54
Jakarta: Pemanfaatan platform digital oleh pelaku UMKM berpotensi meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia. Tercatat penjualan online dan e-commerce meningkat 400 persen atau mencapai Rp446,75 triliun pada 2020.
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan UMKM yang mengisi 96 persen populasi pelaku usaha di Indonesia merupakan roda penggerak sektor perdagangan. Karenanya, UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia.

“Bagi kami ini langkah yang bagus dalam mewadahi industri UMKM di Indonesia. Dan saya turut bangga terhadap para pelaku yang gigih menemukan peluang-peluang seperti ini,” kata Agus dalam pembukaanacara Ceremony Indonesia Digital Trade Show in Conjunction With “Indonesia Local Brands Expo 2020”, Jumat, 20 November 2020.
 
Ia berharap pameran virtual tersebut dapat mendorong pemanfaatan potensi digital oleh UMKM agar semakin berkembang dan bangkit dari tekanan pandemi covid-19.
 
“Saya berharap melalui ajang IDTS ini, para pelaku usaha UMKM, lisensi dan waralaba dapat semakin berkembang dan saling terhubung dan memanfaatkan potensi digital yang ada,” imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menambahkan digitalisasi menjadi opsi yang tepat untuk UMKM lantaran pandemi covid-19 belum berakhir.
 
Apalagi hampir 23 persen penjualan industri UKM merosot. Sebanyak 20 persen pelaku UMKM mengalami hambatan distribusi, dan 19,39 persen mengalami kesulitan permodalan.
 
"Karena bagaimanapun saat ini semua sektor harus terhubung dengan sistem digital,” ungkap Teten.

 
Untuk itu, Teten mengapresiasi penyelenggaraan event Indonesia Digital Trade Show-Indonesia Local Brand yang digagas oleh PT Sukses Mulya Pratama. Kegiatan ini mempercepat proses digitalisasi produk-produk UMKM sehingga bisa menembus pasar digital (go digital) dan mampu bersaing di pasar internasional
 
Event ini adalahevent virtual expo interactive3D pertama di Indonesia yang diisi dari berbagai macam industri dan pameran hasil karya anak bangsa secara virtual.
 
“Baik pemerintah maupun swasta juga turut mendorong pelaksanaan acara ini agar para pengusaha lokal dan UMKM di seluruh Indonesia bisa menembus pasar digital (go digital) dan sebagai jembatan dalam mempercepat digitalisasi produk-produk UMKM di seluruh kota di Indonesia,” tambah dia.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif