Ilustrasi lumpur Lapindo - - Foto: Antara/ Umarul Faruq
Ilustrasi lumpur Lapindo - - Foto: Antara/ Umarul Faruq

Badan Geologi Temukan Kandungan Logam Tanah Jarang di Lumpur Lapindo

Ekonomi mobil listrik lumpur lapindo Kementerian ESDM
Suci Sedya Utami • 21 Januari 2021 12:34
Jakarta: Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menemukan potensi kandungan logam tanah jarang (rare earth) di lumpur Lapindo, Sidoarjo, Jawa Timur. Logam tersebut dapat digunakan dalam pengembangan mobil listrik.
 
Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono mengatakan ada sembilan lokasi yang disurvei terkait komoditas mineral tersebut, salah satunya di lumpur Lapindo.
 
"Kami juga melakukan kajian lumpur Sidoarjo yang ternyata diidentifikasi badan litbang mengandung logam tanah jarang," kata Eko di Jakarta, Rabu, 20 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, ada juga wilayah pertambangan batu bara di Kalimantan yang mengandung potensi logam tanah jarang. Ia mengatakan banyak endapan di komoditas mineral yang mengandung jenis logam tersebut.
 
Berdasarkan data Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) Badan Geologi Kementerian ESDM, telah teridentifikasi 28 lokasi yang memiliki potensi logam tanah jarang. Secara rinci, potensi tersebut tersebar di 16 lokasi di Sumatera, tujuh lokasi di Kalimantan, tiga lokasi di Sulawesi dan dua lokasi di Jawa.
 
Sementara itu, ada sembilan lokasi survei dan penyelidikan yang dilakukan Badan Geologi untuk mengungkap potensi mineral, yakni tersebar di Mandailing Natal, Sumatera Utara untuk logam emas dan mineral ikutannya; Sumbawa Barat, NTB untuk mineral logam mulia dan logam dasar; Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah,
 
Untuk logam tanah jarang; Pulau Gebe, Halmahera Tengah, Maluku Utara untuk nikel dan mineral pengikutnya; serta Pulau Halmahera, Maluku Utara untuk survei geokimia regional bersistem Lembar Morotai.
 
Selanjutnya, Aceh Selatan, Aceh untuk batugamping; Aceh Besar, Aceh untuk fosfat; Sambas, Kalimantan Barat untuk kaolin; dan Mamuju, Sulawesi Barat untuk batu mulia.
 
Logam tanah jarang merupakan komoditas mineral berkualitas tinggi yang menjadi bahan baku dalam pembuatan peralatan militer, mesin jet, satelit, sistem pengarah misil, dan laser.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif