Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Dok.MI
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Dok.MI

Menkop: Masih Ada UMKM yang Untung di Masa Pandemi

Ekonomi UMKM kementerian koperasi dan ukm
Annisa ayu artanti • 29 Juni 2020 21:13
Jakarta: Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan tidak semua pegiat Usaha mikro Kecil Menengah (UMKM) terpuruk dampak virus korona (covid-19).
 
Ia bahkan menyebut banyak UMKM justru menggunakan situasi sebagai ladang mengumpulkan cuan. Khususnya, UMKM-UMKM yang bergerak di sektor kuliner dan sudah memanfaatkan teknologi atau terhubung dengan marketplace.
 

"Dari yang kami catat, meskipun dampak terhadap UMKM begitu besar. Tapi ada beberapa UMKM yang bisa memanfaatkan peluang ini, yaitu UMKM yang sudah terhubung dengan marketplace online atau sistem digital," kata Teten dalam diskusi virtual, Senin, 29 Juni 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, dengan bergabungnya UMKM secara digital membantu memperluas pasar dan menjaring peluang yang lebih.
 
"Bisa dipahami penjualan di online meningkat, karena ada kebijakan social distancing, PSBB, work from home akhirnya orang belanja lewat online," ungkapnya.
 
Namun sayangnya, lanjut Teten masih banyak UMKM yang belum bergabung di sistem digital. Ia menyebutkan baru sekitar 13 persen UMKM di Indonesia yang memanfaatkan sistem digital.
 
Padahal pemerintah menurutnya selalu mendukung para UMKM untuk go digital. "Cuma sayangnya yang terhubung dengan online itu 13 persen," imbuhnya.
 
Pihaknya juga terus menggaungkan pentingnya digitalisasi terlebih di masa new normal (kenormalan baru). Pelaku UMKM harus bisa beradaptasi dengan ekosistem baru.
 
"Kemenkop sudah lama sejak awal untuk melakukan adaptasi bisnis new normal," tukasnya.
 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif