Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Foto : Medcom.id.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Foto : Medcom.id.

Menparekraf: Ekonomi Kreatif Bisa Jadi Tulang Punggung Perekonomian Nasional

Eko Nordiansyah • 18 Mei 2022 14:15
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menilai ekonomi kreatif memiliki potensi untuk mendorong pemulihan ekonomi Indonesia. Bahkan sektor ini menjadi salah satu yang paling bisa bertahan di tengah tekanan akibat pandemi covid-19 yang melanda sejak 2020 lalu.
 
"Ekonomi kreatif secara perlahan menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Potensinya kian membesar karena sektor inilah yang terbukti bertahan dalam menghadapi segala dinamika, termasuk kala pandemi covid-19 melanda dunia," kata dia dalam Fortune Indonesia Summit 2022 di Hotel Westin, Jakarta, Rabu, 18 Mei 2022.
 
Berdasarkan data proyeksi Deputi Bidang Kajian Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ekonomi kreatif menyumbang sebesar Rp1.273 triliun terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia sepanjang 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Keunggulan dan potensi yang kita miliki di sektor ekonomi kreatif membuat kami optimistis dan percaya bahwa industri ini ke depan ini akan mampu menjadi penggerak ekonomi baru Indonesia tentunya berkolaborasi dengan sektor lain," ungkapnya.
 
Sandiaga berharap ajang pertemuan Fortune Indonesia Summit 2022 yang diselenggarakan secara offline ini bisa menjadi konferensi terbesar di bidang ekonomi dan bisnis. Acara ini diharapkan dapat menjadi awal bagi pemulihan ekonomi, khususnya sektor Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) di Indonesia.
 
"Fortune Indonesia Summit 2022 diharapkan menjadi ajang bagi para pemimpin perusahaan, pebisnis, entrepreneur untuk saling belajar secara lintas industri, dan Fortune Indonesia Summit 2022 diharapakan juga bisa menumbuhkembangkan kembali sektor pariwisata dalam hal ini MICE Tanah Air," pungkas dia.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif