Ilustrasi petani milenial. Foto: Dok.MI
Ilustrasi petani milenial. Foto: Dok.MI

Stafsus Milenial Jokowi Dorong Anak Muda Jadi Petani

Ekonomi pertanian petani generasi milenial
Ilham wibowo • 13 Oktober 2020 22:10
Jakarta: Staf Khusus Presiden Indonesia Billy Mambrasar menyampaikan pihaknya bakal membantu mencetak petani milenial sukses secara masif. Rencana program telah dibentuk terutama produksi pangan secara modern serta peningkatan akses pasar produk pertanian di level desa.
 
"Di tahap awal kami akan menyasar provinsi krusial seperti Papua dan Kalimantan Tengah sebagai percontohan untuk menciptakan farming leaders dikalangan milenial, sehingga nantinya mereka diharapkan akan menularkan kepada jutaan milenial lainya di Indonesia," ungkap Billy di kantor Kementerian Pertanian (Kementan) Jakarta, Selasa, 13 Oktober 2020.
 
Pria bernama lengkap Gracia Josaphat Jobel Mambrasar itu telah menemui langsung Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo untuk menggerakkan potensi pemuda sebagai petani. Pendekatan ekosistem teknologi digital bakal diterapkan hingga kolaborasi dengan perusahaan rintisan atau startup bidang pertanian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari 10 provinsi ditargetkan akan mencetak 100 ribu petani milenial. Sehingga ke depan hasilnya tidak hanya untuk menyuplai kebutuhan pangan nasional tetapi juga berorientasi pada ekspor," ungkapnya.
 
Menurut Billy, generasi milenial harus kembali mengenal pertanian sebagai alternatif pilihan peningkatan usaha. Sektor pertanian telah terbukti mampu tumbuh paling tinggi dibandingkan usaha lain di tengah pandemi covid-19.
 
"Saya siap mendukung seluruh program yang diusung oleh Kementerian Pertanian khususnya untuk meningkatkan sumber daya manusia terutama generasi milenial di sektor pertanian," ujar Pendiri Yayasan Kitong Bisa ini.
 
Lebih lanjut, Billy menambahkan bahwa Menteri Syahrul punya program yang sangat krusial untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional di program food estate. Kontribusi milenial pun akan sangat membantu terutama peningkatan pemanfaatan teknologi.
 
"Menteri Pertanian memiliki program mendorong munculnya 2,5 juta petani milenial untuk menggerakkan pertanian secara modern dan mengakses pasar secara leluasa. Kami akan turut mendukung program tersebut dalam rangka menciptakan ketahanan pangan nasional," pungkasnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif