Ilustrasi jalan tol Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated - - Foto: dok Antara
Ilustrasi jalan tol Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated - - Foto: dok Antara

Jasa Marga Berlakukan Tarif Tol Baru Jakarta-Cikampek Mulai 17 Januari

Ekonomi tarif tol jasa marga Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek
Annisa ayu artanti • 14 Januari 2021 13:05
Jakarta: PT Jasa Marga Tbk mulai memberlakukan tarif terintegrasi pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Hal tersebut berlaku mulai 17 Januari 2021 pukul 00.00 WIB.
 
Kenaikan tarif sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1524/KPTS/M/2020 tanggal 22 Oktober 2020 tentang Pengintegrasian Sistem Pengumpulan Tol, Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated.
 
"Yang akan berlaku adalah pemberlakuan tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated yang tertunda karena telah beroperasi tanpa tarif selama lebih dari satu tahun sejak 15 Desember 2019 dan Kepmen PUPR telah ditetapkan sejak tahun 2020," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, Kamis, 14 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menegaskan perubahan yang terjadi pada tarif di wilayah pentarifan Jalan Tol Jakarta-Cikampek disebabkan oleh pemberlakuan tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated yang sistem pengoperasiannya terintegrasi dengan jalan tol tersebut.
 
Untuk kendaraan golongan I dengan jarak terjauh yakni Jakarta IC-Cikampek, naik dari Rp15.000 menjadi Rp20.000. Golongan II tarif terjauhnya naik dari Rp22.500 menjadi Rp30.000. Kemudian, tarif golongan III juga naik dari Rp22.500 menjadi Rp30.000. Adapun golongan IV dan V naik dari Rp30.000 menjadi Rp40.000.
 
"Jadi kami garis bawahi sekali lagi, yang diberlakukan adalah tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated yang pengoperasiannya dengan ruas di bawahnya, bukan penyesuaian tarif dua tahunan sesuai Undang-Undang untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah," jelas dia.
 
Adapun integrasi tarif di kedua tol akan dilakukan pembagian empat wilayah. Setiap wilayah memiliki tarif berbeda untuk kendaraan golongan I-V.Wilayah 1 dari Jakarta IC-Pondok Gede Barat/Pondok Gede Timur. Wilayah 2 dari Jakarta IC-Cikarang Barat. Kemudian wilayah 3 dari Jakarta IC-Karawang Timur dan wilayah 4 tarif terjauh, yakni Jakarta IC-Cikampek.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif