UMKM. Foto: MI/Hendrik.
UMKM. Foto: MI/Hendrik.

KSP: Presiden Peduli terhadap Perkembangan UMKM

Antara • 09 November 2022 16:13
Tegal: Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menyampaikan saat ini Presiden sangat konsen terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah situasi global yang tidak baik.
 
baca juga: Rachmat Gobel Ungkap Pentingnya Peran UMKM Bagi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

"Di tengah situasi global yang tidak menentu, sektor UMKM dan sektor formal maupun informal menjadi penyangga utama. Akan tetapi, alhamdulillah ekonomi kita cukup baik di tengah situasi global yang tidak baik ini," kata Moeldoko, dikutip dari Antara, Rabu, 9 November 2022.
 
Menurut dia, ada tiga isu yang dihadapi dalam situasi global ini yaitu ketahanan pangan, energi, dan keuangan.
 
"Di tengah situasi dunia yang kesulitan untuk makan, namun alhamdulillah kita tidak menghadapi situasi seperti itu," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Isu tentang energi, kata Moeldoko, Indonesia masih bisa menghadapinya  dengan baik dan mengelola dengan baik pula.
 
"Beberapa saat yang lalu, saya sempat membaca di Prancis dan sejumlah negara lain, pemerintahnya tidak dapat menyiapkan SPBU. Alhamdulillah di Indonesia masih bisa menghadapi situasi itu dengan baik," katanya.
 
Kemudian untuk isu keuangan global  saat ini dunia sedang menghadapi resesi dengan indikasi inflasi yang tinggi dengan pertumbuhan ekonomi rendah.
 
"Akan tetapi, kita masih bersyukur pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga masih mencapai 5,79 persen dan inflasi sekitar 4,9 persen," katanya.
 
Moeldoko mengatakan di tengah situasi global yang tidak baik ini, kenapa masih banyak nelayan yang mengeluh padahal kondisi perekonomian di Indonesia lebih baik dibanding negara lain.
 
"Saya tadi mendengar nelayan mengeluh karena harga ikan rendah yang semula mencapai Rp20 ribu kini menjadi Rp10 ribu sampai Rp12 ribu per kilogram. Jawaban saya, harga ikan itu yang menentukan pasar," katanya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif