Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Newsline

Toyota Senang Korting Pajak Barang Mewah Diperpanjang

Ekonomi toyota pajak barang mewah Newsline
MetroTV • 18 Juni 2021 10:15
Jakarta: Pabrikan Toyota tak bisa menyembunyikan kegembiraannya setelah pemerintah memutuskan memperpanjang aturan diskon 100 persen pajak barang mewah. Maklum, kebijakan ini telah mendorong penjualan mobil hingga 200 persen di masa pandemi covid-19.
 
Executive Manager Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, menjelaskan perpanjangan korting pajak ini memberikan peluang bagi industri untuk meningkatkan produksi. Menurutnya, kenaikan daya beli dari Maret hingga Mei masih belum seimbang dengan proses produksi. Penyebabnya, waktu yang diberikan hanya tiga bulan.
 
"Rasanya perpanjangan relaksasi ini diperlukan agar pabrikan siap untuk melakukan penambahan produksi," kata Fransiscus dalam tayangan Newsline, Metro TV, Kamis, 17 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, perpanjangan relaksasi pajak ini juga tidak hanya berdampak pada pelaku bisnis, konsumen juga diuntungkan. Konsumen bisa mendapatkan kendaraan yang diimpikan dengan harga miring.
 
Ekonom sekaligus Direktur Celios, Bima yudistira, berharap pemerintah juga dapat memberikan insentif terhadap penjualan mobil bekas. Agar penjual mobil bekas tidak dirugikan.
 
"Pedagang mobil bekas banyak dirugikan dengan kebijakan ini. Sebaiknya pemerintah memberlakukan juga kebijakan yang sama terhadap mobil bekas,” ujar Bima.
 
Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang diskon 100 persen tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) untuk kendaraan bermotor.
 
Keputusan tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk tetap menciptakan iklim usaha yang kondusif di tengah kondisi pandemi.
 
"Ini bertujuan membangkitkan kembali gairah usaha di Tanah Air, khususnya sektor industri, yang selama ini konsisten berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan tertulis, Minggu, 13 Juni 2021. (Imanuel Rymaldi Matatula)
 
(UWA)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif