NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: assishipyard.com
Ilustrasi. Foto: assishipyard.com

Perusahaan Galangan Kapal Buat Protokol Tangkal Korona

Ekonomi Virus Korona
Medcom • 24 Maret 2020 13:14
Surabaya: Perusahaan galangan kapal PT Adiluhung Saranasegara Indonesia membuat protokol untuk menangkal korona. Total ada tujuh hal yang ditekankan untuk menghindarkan 500 karyawan perusahaan itu dari serangan wabah covid-19.
 
"Persoalan virus korona ini serius. Agar tak semakin berkembang, perlu upaya masif dari perusahaan," kata Direktur Utama PT Adiluhung Saranasegara Indonesia, Anita Puji Utami, melalui keterangan tertulis, Selasa, 24 Maret 2020.
 
Ketujuh protokol yang ditekankan selama wabah covid-19 merebak itu, yakni pertama mengimbau manajemen untuk memberikan vitamin bagi karyawan agar menambah imun tubuh. Kedua, mengimbau seluruh karyawan untuk hidup bersih dan menjaga kesehatan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terkait asupan makanan, PT Adiluhung menyediakan racikan minuman rempah-rempah plus madu yang diberikan kepada karyawan secara teratur dua hari sekali. "Kami juga meminta karyawan agar makan di kantin," katanya.
 
Ketiga, melakukan penyemprotan disinfektan di titik-titik tertentu yang rawan penyebaran virus. Keempat, menyiapkan tempat cuci tangan yang cukup dan penyediaan hand sanitizer di lingkungan galangan.
 
Kelima, jika ditemukan ada karyawan yang mengalami gejala menyerupai covid-19, agar disampaikan kepada tim medis galangan. Keenam, mengecek suhu tubuh secara berkala di setiap lokasi masuk. Pengecekan ditujukan untuk karyawan, subkontraktor, hingga anak buah kapal (ABK).
 
"Apabila ada karyawan yang merasa tidak nyaman atau kondisi tubuhnya tidak fit, kita arahkan untuk istirahat. Bagi yang mempunyai gejala mirip covid-19, maka akan langsung kita rujuk ke rumah sakit," kata Anita.
 
Dan ketujuh, untuk sementara mengurangi aktivitas pertemuan yang melibatkan orang banyak. Seluruh karyawan juga diminta menjaga jarak atau physical distancing selama bekerja.
 
Ia mengatakan protokol ini dibuat berdasarkan anjuran pemerintah dan induk perusahaan PT Dharma Lautan Utama. Tak hanya membuat protokol, perusahaan juga membuat poster-poster tentang imbauan pencegahan virus korona.
 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif