Ilustrasi rupiah - - Foto: Antara/ M Agung Rajasa
Ilustrasi rupiah - - Foto: Antara/ M Agung Rajasa

Komisi VII DPR Dukung Kebijakan Insentif Tarif Listrik

Ekonomi pln Virus Korona tarif listrik
Suci Sedya Utami • 31 Maret 2020 18:31
Jakarta: Komisi VII DPR RI mendukung kebijakan pemberian insentif bagi pelanggan yang rentan terdampak pandemi covid-19. Insentif itu berupa pembebasan dan diskon biaya atau tarif listrik.
 
Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto mengatakan nantinya selisih dari pembebasan dan diskon akan tetap dibayarkan oleh pemerintah pada PT PLN (Persero) melalui anggaran yang telah dicadangkan untuk mengatasi covid-19.
 
"Sebagai Ketua Komisi VII saya setuju dengan kebijakan tersebut. Biaya-biaya tersebut selanjutnya ditanggung oleh negara," kata Sugeng dalam keterangan resmi, Selasa, 31 Maret 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sugeng memandang kebijakan tersebut merupakan suatu langkah keberpihakan yang dipilih pemerintah dalam rangka meringankan beban masyarakat serta mencegah tingkat kemiskinan yang lebih dalam.
 
Namun demikian, ia bilang finansial PLN juga harus tetap sehat sehingga dapat memenuhi tugas dan fungsinya untuk terus melayani rakyat.
 
"Sebagaimana dketahui juga, kondisi PLN juga memerlukan penaganan yang sangat serius, mengingat kondisi keuangan yang tidaklah menggembirakan," tandas politikus Partai NasDem itu.
 
Presiden Joko Widodo sebelumnya mengumumkan pembebasan biaya atau tagihan listrik sebagai bentuk kompensasi dari pemerintah terhadap kebijakan pembatasan sosial skala besar yang diterapkan pemerintah untuk mencegah penularan wabah korona lebih masif.
 
Pembebasan biaya listrik diberikan selama tiga bulan yakni April, Mei dan Juni pada 24 juta pelanggan golongan 450 volt amphere (VA). Artinya pemerintah akan menanggung tagihan listrik untuk golongan tersebut.

 
Selain menggratiskan tagihan untuk golongan 450 VA, Pemerintah, kata Jokowi, juga memberikan diskon atau potongan harga tarif listrik sebesar 50 persen bagi tujuh juta pelanggan golongan 900 VA bersubsidi. Artinya golongan tersebut hanya membayar separuh tagihan listrik untuk April, Mei, dan Juni.
 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif