Industri Modest Fashion. Foto: Medcom.id/Raka Lestari
Industri Modest Fashion. Foto: Medcom.id/Raka Lestari

Indonesia Rambah Peluang Pasar Produk Modest Fashion di Australia

Ekonomi Ekspor Konsumen Kementerian Perdagangan indonesia-australia Modest Fashion
Eko Nordiansyah • 23 Oktober 2021 16:15
Jakarta: Indonesia merambah peluang pasar produk modest fashion (gaya berbusana tertutup) di pasar Australia. Melalui forum diskusi antara Kementerian Perdagangan dengan Indonesia Diaspora Business Council (IDBC) di Australia dan Indonesian Fashion Chamber (IFC) ini diharapkan akan mendorong produk fesyen muslim Indonesia masuk ke pasar global melalui Australia.
 
"Modest fashion merupakan pasar yang tengah berkembang dan menarik perhatian tidak hanya negara-negara muslim tetapi juga negara-negara nonmuslim," kata Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kemendag Miftah Farid dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 23 Oktober 2021.
 
Miftah menyampaikan, dewasa ini konsep modest fashion tidak lagi hanya dikaitkan dengan agama, tetapi telah menjadi pilihan estetika, kenyamanan, dan pilihan gaya hidup. Untuk itu, Indonesia harus dapat memanfaatkan momentum dan peluang tersebut sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi pada pembukaan Trade Expo Indonesia-Digital Edition kemarin, Indonesia memiliki potensi besar menjadi pusat produsen dan kiblat industri fesyen muslim dunia," ungkapnya.
 
Miftah juga menjelaskan, diaspora Indonesia dapat menjadi importir produk modest fashion Indonesia di pasar Australia. “Diaspora Indonesia, khususnya yang bekerja sebagai profesional di bidang industri kreatif diharapkan dapat memberikan pengetahuan (sharing knowledge) mengenai tren, selera pasar, dan perilaku konsumen produk modest fashion di Australia.
 
Atase Perdagangan Canberra Agung Wicaksono Sochirin menambahkan, Indonesia juga dapat memanfaatkan perjanjian Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership (IA-CEPA) untuk semakin memperluas pasar Indonesia di Australia. Melalui implementasi IA-CEPA, seluruh produk Indonesia yang masuk ke pasar Australia tidak lagi dikenakan tarif.
 
Menurut Agung, IA-CEPA juga memberikan platform kepada dunia usaha Indonesia untuk mengatasi hambatan teknis perdagangan serta penguatan kerja sama untuk mendorong sektor usaha kecil dan menengah agar lebih terintegrasi dengan pasar global, khususnya untuk tekstil dan produk tekstil (TPT).
 
"Berbagai produk ekspor Indonesia yang berpotensi meningkat signifikan ekspornya ke pasar Australia antara lain adalah tekstil dan produk tekstil (TPT) serta produk aksesori perhiasan yang juga banyak dijumpai pada produk fesyen muslim Indonesia di pasar Australia," ungkapnya.
 
Total nilai ekspor TPT Indonesia ke Australia pada Januari-Maret 2021 tercatat sebesar USD64,3 juta atau naik 6,4 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Ekspor utama TPT Indonesia terdiri dari kaos bola (jersey), sweater (pullover), cardigan, rompi dari kapas, setelan, jas, gaun, kemeja perempuan dari serat buatan, gaun malam, serta gaun pesta dari serat buatan.
 
Agung menuturkan, Indonesia lebih mengoptimalkan peningkatan daya saing melalui pemanfaatan label halal maupun sertifikasi standar teknis lainnya. Sementara Australia yang merupakan salah satu jendela dunia ke pasar global didukung jumlah wisatawan muslim asing yang berkunjung ke Australia pada 2019 sebesar lima juta orang.
 
"Mari kita manfaatkan peluang yang ada dengan menggali potensi produk-produk modest fashion Indonesia untuk merambah global, khususnya pasar Australia. Selanjutnya, setelah forum ini diharapkan ada tindak lanjut seperti business counseling dan business matching antara dunia usaha Indonesia dan Australia untuk mendorong perluasan pasar produk modest fashion Indonesia di pasar Australia," pungkas Agung.
 
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif