Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Dukung Pengembangan Pertanian, Bank Sulselbar Salurkan KUR untuk Petani

Ekonomi pertanian Petani
Antara • 22 Juni 2021 08:17
Mamuju: Bank Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) cabang utama Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pengembangan pertanian di Mamuju. Penyaluran tersebut penting mengingat pertanian merupakan salah satu sektor yang memiliki daya tahan di tengah pandemi.
 
Bupati Mamuju Sutinah Suhardi mengatakan Bank Sulselbar menyalurkan KUR dalam rangka mendukung kebutuhan pembiayaan petani untuk komoditas jagung di Mamuju. Ia mengatakan, program bantuan KUR tersebut sebagai aktualisasi dari nota kesefahaman yang telah ditandatangani bersama sejumlah leading sektor di Mamuju terkait pengembangan pertanian petani.
 
"Sebelumnya dilakukan penandatanganan kerjasama Pemerintah di Mamuju dan Bank Sulselbar untuk bantuan KUR dengan luas lahan petani yang akan disentuh sebanyak 10 ribu hektare di Mamuju," katanya, dilansir dari Antara, Selasa, 22 Juni 2021.
 
Ia mengatakan, bantuan dana KUR akan difasilitasi pembiayaan petani swadaya di antaranya dari PT Amory Multi Quality, PT Karya Agung Prawita, dan PT Jasindo. Bupati Sitti Sutinah Suhardi mengaku menyambut baik atas langkah maju dari pihak perbankan, karena menurutnya pengembangan sektor pertanian membutuhkan bantuan permodalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selain pengembangan SDM dan pemanfaatan teknologi pertanian bantuan modal dari perbankan untuk menjalankan usaha pertanian, juga sangat dibutuhkan," ucapnya.
 
Dirinya berharap pembiayaan KUR dapat sangat membantu dalam memberikan sentuhan terhadap sektor pertanian, sehingga kualitas sektor pertanian akan terus meningkat. Ia mengatakan, besaran dana KUR yang diberikan kepada petani sebesar Rp10 juta per hektare, dengan skema penyaluran sampai tiga tahap.
 
Pada tahap pertama, lanjutnya,m dalam betuk bantuan sarana prodiksi pertanian berupa benih, pupuk, isektisida, dan lainnya. Tahap kedua berupa biaya pemeliharaan, dan terakhir adalah biaya panen.
 
 
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif