Ilustrasi Usaha Mikro Kecil. Foto: MI/Andri Widianto
Ilustrasi Usaha Mikro Kecil. Foto: MI/Andri Widianto

Ini Cara Mempermudah Usaha Mikro Kecil Berbadan Hukum

Ekonomi UMKM Omnibus Law
Suci Sedya Utami • 07 Oktober 2020 22:30
Jakarta: Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly mengatakan kehadiran UU Cipta Kerja mempermudah unit Usaha Mikro dan Kecil (UMK) untuk memiliki badan hukum yang resmi.
 
Yasonna mengatakan pendaftaran sebagai badan hukum dapat dilakukan oleh UMK secara online. Hal tersebut tertuang dalam pasal 91 ayat 2 yang meyatakan pendaftaran bagi UMK bisa dilakukan secara daring atau luring.
 
UMK hanya perlu melampirkan KTP, surat keterangan berusaha dari pemerintah setingkat rukun tetangga atau RT. Nantinya UMK tersebut akan diberikan nomor induk berusaha melalui perizinan berusaha secara elektronik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi pendaftaran cukup dengan elektronik. Semua adalah kemudahan berusaha, izin gangguan berusaha dihilangkan," kata Yasonna dalam konferensi pers UU Cipta Kerja, Rabu, 7 Oktober 2020.
 
Yasona mengatakan selama ini banyak orang yang kesulitan untuk memulai usaha dan mendapatkan modal usaha dari perbankan apabila tidak berbadan hukum. Dengan kemudahan yang diberikan ini, ia bilang diharapkan akses UMK terhadap pendanaan perbankan makin terbuka.
 
"Karena dia sudah jadi entitas badan hukum, selama ini perbankan sungkan (beri pendanaan)," jelas Yasonna.
 
Lebih lanjut, UMK juga diberikan kelonggaran biaya administratif. Dalam pasal 92 ayat 2 dinyatakan UMK yang mengajukan perizinan berusaha tidak dikenakan biaya atau diberikan keringanan biaya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif