Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO: MI/RAMDANI
Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO: MI/RAMDANI

Erick Thohir: BUMN Terus Buka Lapangan Kerja bagi Masyarakat

Antara • 27 Mei 2022 13:42
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan BUMN terus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat baik melalui rekrutmen maupun melalui berbagai program BUMN. Langkah tersebut diharapkan bisa berdampak positif terhadap upaya mengurangi tingkat pengangguran.
 
"BUMN terus membuka lapangan pekerjaan. Bukan hanya melalui rekrutmen, juga melalui berbagai program," ujar Erick Thohir, dilansir dari Antara, Jumat, 27 Mei 2022.

Menurut Erick Thohir, transformasi sebagai sebuah usaha itu harus berkelanjutan. Karena itu, lanjutnya, sejak awal BUMN ada leadership muda. "Sebenarnya perekrutan BUMN itu bagian dari strategi besar jumlah daripada milenial BUMN yang melek teknologi kita harus dorong sampai 20 persen," kata Erick Thohir.
 
Erick menambahkan sebenarnya lapangan pekerjaan yang besar program-program BUMN yang lebih besar lagi dari perekrutan ini. Salah satunya PNM Mekaar yakni program ultra mikro, pinjaman ibu-ibu di desa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat pandemi covid-19, bertambah nasabahnya 7,1 juta orang, dan yang menarik mereka masing-masing mempekerjakan satu orang. Berarti ibu-ibu itu saat covid-19 membuka lapangan kerja sampai 7,1 juta," ujar Erick Thohir.
 
Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan program-program dari perusahaan BUMN berperan penting dalam pembukaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas.
 
Menurut Erick, ketika Kementerian BUMN melakukan konsolidasi transformasi dalam penyelesaian bagaimana solusi untuk UMKM, dengan menggabungkan BRI, Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani atau PNM, di situlah Kementerian BUMN melihat juga program-program ini bisa mendorong pembukaan lapangan kerja secara masif.
 
Menteri BUMN Erick Thohir juga mengatakan program-program BUMN harus dekat dengan rakyat dalam rangka penciptaan lapangan kerja dan usahawan muda. Sebagai solusinya, BUMN memiliki program yang harus dekat dengan rakyat untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan wirausaha muda, seperti Mekaar, Pertashop, dan BRILink.

 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif