Sawah. Foto : MI.
Sawah. Foto : MI.

Babel Sediakan Lahan Sawah 30 Ribu Ha Guna Dukung Ketahanan Pangan

Ekonomi pangan ketahanan pangan
Antara • 09 Agustus 2020 19:12
Pangkalpinang: Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menyediakan lahan sawah seluas 30 ribu hektare (ha) guna memperkuat ketahanan pangan masyarakat di daerah penghasil tambang timah itu.
 
"Alhamdulillah, Bapak Menteri Pertanian atas perintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah melakukan kunjungan kerja untuk mempersiapkan pembangunan sektor pertanian dalam memperkuat ketahanan pangan nasional," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Babel, dikutip dari Antara, Minggu, 9 Agustus 2020.
 
Ia mengatakan lahan sawah itu mendukung program Presiden Jokowi memperkuat ketahanan pangan nasional. Babel bersama 17 provinsi lainnya telah menjadi perhatian pemerintah dalam penguatan ketahanan pangan di tengah pendemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam waktu dekat ini, Bapak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo secara khusus akan mengundang pemerintah provinsi, kabupaten/kota untuk berkoordinasi dalam pengembangan dan pembangunan kawasan pertanian ini," ujarnya.
 
Menurut dia, undangan rapat koordinasi dari Kementerian Pertanian ini merupakan gerak cepat Menteri Pertanian dalam memperkuat ketahanan pangan masyarakat.
 
"Gerak cepat dari Bapak Menteri Yasin Limpo ini harus kita imbangi. Jangan sampai Bapak Menteri dan Presiden bergerak cepat, sementara daerah lambat," katanya.
 
Ia berharap pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat mendukung penuh gerak cepat pemerintah pusat dalam memperkuat ketahanan pangan ini.
 
"Potensi ini dimunculkan atas koordinasi dan kerja sama antarpihak, baik di pusat dan daerah. Apalagi di tengah covid-19, yang paling aman dan yang paling berpeluang meningkatkan persentase pertumbuhan ekonomi adalah pertanian," katanya.
 
(SAW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif