Ilustrasi - - Foto: Medcom/ Annisa Ayu
Ilustrasi - - Foto: Medcom/ Annisa Ayu

Penggunaan Gas Bumi Tekan Biaya Produksi UMKM

Ekonomi perusahaan gas negara (pgn) UMKM jaringan gas bumi
Suci Sedya Utami • 24 September 2020 19:59
Cilegon: PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyalurkan gas bumi untuk pelanggan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Melalui program Gas Kita, pengguna gas bumi diklaim bisa mendorong penghematan biaya produksi UMKM.
 
Sales Area Head PGN Cilegon, Dini Mentari mengatakan keuntungan UMKM bisa bertambah jika menekan biaya produksi. Selain itu, jaringan gas bumi dapat mengalir 24 jam dengan tarif yang lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan energi lain.
 
"Ada tujuh pelanggan PGN sektor UMKM yang terdata di Cilegon dan rata-rata bergerak di sektor kuliner. Ke depan, PGN terus berupaya untuk meningkatkan layanan gas bumi agar pemanfaatan gas bumi dapat semakin meluas," kata Dini dalam keterangan resmi, Kamis, 24 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu UMKM di Kota Cilegon, Martabak Bryan, kini mulai berlangganan gas bumi. Martabak yang terletak di Jalan Raya Bojonegara, Kelurahan Panggung Rawi, Kecamatan Jombang ini merupakan bagian dari HOKKY Group.

 
Agus, pekerja di Martabak Bryan mengatakan bahwa dalam sebulan mereka mengeluarkan biaya sekitar Rp7,7 juta saat menggunakan energi lain. Setelah beralih ke gas bumi, biaya yang dikeluarkan menjadi sekitar Rp2,22 juta atau hemat hingga 70 persen.
 
"Selain dari sudut harga, faktor keamanan dan kepraktisan yang juga menjadi bahan pertimbangan memilih gas PGN," ujar Agus.
 
Adapun PGN telah melayani lebih dari 4.960 pelanggan rumah tangga melalui jaringan gas (jargas) di wilayah Cilegon dan beberapanya adalah sektor UMKM. Secara nasional, PGN telah melayani kebutuhan gas bumi ke lebih dari 1640 pelanggan kecil, termasuk UMKM di berbagai daerah.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif