Ilustrasi. Foto: Antara/Nova Wahyudi
Ilustrasi. Foto: Antara/Nova Wahyudi

Physical Distancing di Mal Mudah Diterapkan Ketimbang Pasar Tradisional

Ekonomi New Normal Kenormalan Baru
Ilham wibowo • 26 Mei 2020 20:16
Jakarta: Ketua Asosiai Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan bahwa dibukanya kembali mal pada 5 Juni 2020 setelah dilakukan pengamatan secara komprehensif. Fasilitas mal telah dipastikan bisa menerapkan physical distancing dalam kenormalan baru.
 
"Dengan dibukanya mal di berbagai wilayah DKI segmen setiap mal dan juga positioning mal sudah jelas, dan ini akan membantu penyebaran pengunjung," kata Ellen kepada Medcom.id, Selasa, 26 Mei 2020.
 
Ellen mengatakan bahwa lingkungan mal merupakan fasilitas publik dengan area yang cukup luas dengan akses yang bisa diawasi dengan penambahan jumlah petugas keamanan. Selain itu, pengunjung dan karyawan juga bisa diatur penempatannya agar terhindar dari penularan covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski belum menjamin 100 persen aman, situasi di mal relatif lebih aman dari tertular wabah dibandingkan pasar tradisional. Menurut Ellen, kebersihan dan protokol kesehatan jadi prioritas utama di lingkungan mal yang wajib diterapkan oleh karyawan maupun pengunjung.
 
"Mari kita juga bandingkan dengan situasi di pasar traditional yang saat PSBB tetap buka," ungkapnya.
 
Tak hanya itu, lanjut Ellen, pihaknya juga bisa mengimplementasikan seluruh rekomendasi yang diberikan pemerintah maupun gugus tugas penanganan covid-19. Sejauh ini, mal di DKI Jakarta belum ada yang melakukan pelanggaran PSBB dengan membuka fasilitas secara diam-diam.
 
"Semua anggota mengikuti protokol kesehatan dan peraturan selama PSBB, belum pernah kami mendapatkan complain tentang anggota kami, semua siap mengikuti arahan. Ini juga tentu bisa menjadi satu dari sekian consideration pihak Pemprov DKI untuk membuka kembali mal di DKI," paparnya.
 
Sejauh ini, dari 80 anggota APPBI DKI Jakarta sudah ada 67 pusat belanja yang rencananya dibuka pada 5 Juni 2020. Sedangkan enam pusat belanja akan dibuka pada 8 Juni 2020 dan sisanya belum melaporkan kepada APPBI.
 

(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif