Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Vaksinasi Sektor Swasta Gunakan Vaksin Moderna dan Sinopharm

Ekonomi Bio Farma vaksin covid-19 Sinopharm Moderna
Annisa ayu artanti • 01 Maret 2021 13:04
Bandung: Bio Farma beserta anggota HBF Kimia Farma akan mendatangkan dua jenis vaksin covid-19 untuk keperluan Vaksinasi Covid-19 Gotong Royong, yang diperuntukan bagi para buruh dan karyawan swasta.
 
Kedua jenis vaksin tersebut adalah Moderna dengan platform m-RNA yang akan didatangkan oleh Bio Farma, kemudian Sinopharm dengan platform in-activated yang akan didatangkan oleh Kimia Farma.
 
"Saat ini Holding BUMN Farmasi sudah mulai menjajaki dan melakukan pembicaraan supply vaksin covid-19 khusus untuk program vaksinasi gotong royong yaitu dengan Sinopharm dari Beijing, Tiongkok dengan platform in-activated, serta Moderna dari Amerika dengan platform mRNA," kata Juru Bicara Bio Farma Bambang Heriyanto dalam keterangan tertulis, Senin, 1 Maret 2021.
 
Ia menjelaskan peraturan vaksinasi gotong royong ini sudah tertuang dalam Permenkes Nomor 10 tahun 2021 yaitu jenis vaksin covid-19 yang berbeda dengan jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi program pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan demikian, vaksin untuk gotong royong tidak akan menggunakan vaksin yang sama yang digunakan untuk program pemerintah," ujarnya.
 
Lebih lanjut, ia juga menekankan kedua vaksin tersebut harus mendapat persetujuan penggunaan pada masa darurat (emergency use authorization/EUA) atau penerbitan nomor izin edar (NIE) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelum resmi edar dan digunakan.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif