Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) bersama Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin (kiri) dan Kartiko Wirjoatmojo. Foto: dok Kementerian BUMN.
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) bersama Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin (kiri) dan Kartiko Wirjoatmojo. Foto: dok Kementerian BUMN.

Duet Erick-Budi Gunadi Bukti Kepercayaan Negara terhadap BUMN

Ekonomi Kementerian BUMN Erick Thohir covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional
Angga Bratadharma • 28 September 2020 20:28
Jakarta: Duet antara Erick Thohir dan Budi Gunadi Sadikin yang berasal dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkait penanganan dan dampak covid-19 di Tanah Air merupakan bentuk kepercayaan negara terhadap BUMN. Diharapkan duet Erick dan Budi benar-benar optimal menekan dampak negatif covid-19 terhadap ekonomi.
 
Menteri Negara Pendayagunaan Negara Kabinet Pembangunan VII Tanri Abeng mengungkapkan di tengah krisis multidimensi yang terjadi sekarang penunjukkan Erick sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dan Budi Gunadi Sadikin sebagai Ketua Gugus Tugas Pemulihan Ekonomi Budi Gunadi Sadikin patut diapresiasi.
 
"Duet Erick dan Budi itu menunjukkan luar biasa kepercayaan negara kepada BUMN. Berarti (Kementerian BUMN) dapat betul-betul diandalkan," kata Tanri Abeng, yang juga mantan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), dalam sebuah webinar, di Jakarta, Senin, 28 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kendati demikian, ia mengingatkan bahwa krisis multidimensi yang terjadi sekarang ini akibat krisis covid-19 dan krisis ekonomi harus diwaspadai karena berpeluang tidak akan selesai dalam waktu dekat. Pasalnya, krisis kesehatan akibat covid-19 sulit diprediksi pergerakannya dibandingkan dengan krisis keuangan.
 
"Perkiraan saya sendiri bahwa krisis multidimensi ini akan berkelanjutan dan tidak akan selesai sebelum akhir 2021. Karena banyak masalah yang tidak dapat diprediksi. Kalau krisis 1998 itu hanya krisis keuangan. Mencermati kerja ekonomi dan bisa ditangani secara fokus. Kalau kali ini luar biasa dampak dan kompleksitasnya," tutur Tanri.
 
Karenanya, ia mengajak semua pihak untuk mendukung dan mendoakan duet antara Erick Thohir dan Budi Gunadi Sadikin dalam menangani covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia. Apalagi, dampak covid-19 cukup signifikan terhadap perekonomian dan perlu ditekan sedemikian rupa.
 
"Kita berdoa dan mengharapkan bahwa duet Menteri BUMN dengan Wamen BUMN bisa mengatasi tantangan ini dan bangsa ini bisa keluar dari krisis multidimensi. Ini tentu suatu kebanggaan bagi keluarga besar BUMN (Erick dan Budi dipercaya oleh negara)," ucapnya, dalam Talk Show & Awarding; Corporate Reputation BUMN (Before & After Pandemi) Milennial's Perspective.
 
Lebih lanjut, Tanri mengingatkan BUMN memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Bahkan, saat pandemi covid-19, perusahaan BUMN berkontribusi positif untuk membantu masyarakat terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Adapun UMKM memang perlu diprioritaskan karena ujung tombak perekonomian.
 
"Sudah sangat signifikan sekali kontribusi BUMN kepada UMKM. Banyak dibantu (misalnya) oleh Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) atau BRI karena 72 persen portofolio BRI itu ada di kredit UMKM," ucapnya.
 
Sementara itu, Dirut Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi mengatakan sekarang ini semua pihak berhadapan dengan kondisi pandemi covid-19. Butuh strategi yang tepat agar laju bisnis dan target yang sudah ditetapkan bisa tercapai secara maksimal. Kliring Berjangka Indonesia sebagai perusahaan BUMN pun tetap fokus untuk terus tumbuh.
 
"Dalam pandemi covid-19 ini kami masih berjalan dengan jalurnya. Tapi intinya bahwa kalau kita menghadapi gelombang maka kita tidak dapat melawan gelombang itu. Tapi kita bisa belajar untuk berselancar di atas gelombang itu," pungkasnya.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif