Jalan tol Manado - Bitung - - Foto: dok Jasa Marga
Jalan tol Manado - Bitung - - Foto: dok Jasa Marga

2 Minggu Gratis Jajal Tol Pertama di Sulawesi Utara

Ekonomi jasa marga jalan tol manado-bitung Proyek Strategis Nasional Kementerian PUPR
Annisa ayu artanti • 29 September 2020 18:52
Jakarta: Pemerintah dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sepakat membebaskan biaya tarif Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu selama dua minggu. Jalan tol pertama di Sulawesi Utara ini memiliki panjang 26,35 kilometer (km).
 
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan masyarakat bisa memanfaatkan keberadaan jalan tol tersebut secara cuma-cuma sebagai sarana untuk sosialisasi. Namun, masyarakat diminta tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan berkendara.
 
"Karena biasanya setelah jalan tol diresmikan ada euforia. Ini yang bahaya. Sosialisasi dua minggu ini sekaligus untuk menyiapkan perilaku berkendara masyarakat,” kata Basuki dalam keterangan tertulis, Selasa, 29 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur Utama PT Jasamarga Manado-Bitung (JMB) George I.M.P Manurung menambahkan Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Danowudu akan dioperasikan secara bertahap.
 
Masyarakat dapat menggunakan jalan tol ini pada Rabu, 30 September 2020 pukul 09.00 WITA mulai dari Manado hingga Kauditan sepanjang 20,50 Km.
 
"Hal ini karena saat ini kami dalam tahap penyempurnaan fisik konstruksi terutama di akses Danowudu untuk keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Namun, kami targetkan pada Sabtu, 3 September pukul 09.00 WITA, sekitar 6 Km lanjutan dari Kauditan hingga Danowudu akan dapat digunakan oleh masyarakat, sehingga Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu beroperasi secara penuh,” jelas George.
 
Meski demikian, pengguna jalan tetap harus menyiapkan uang elektronik sebelum memasuki Gerbang Tol (GT). Sebelumnya, Jalan Tol Manado-Bitung telah dioperasikan secara fungsional hanya untuk kendaraan kecil pada periode libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 serta Lebaran 2019 guna membantu kelancaran arus transportasi.
 
“Kami melihat antusiasme masyarakat Manado dan sekitarnya yang sangat menantikan kehadiran jalan tol ini. Salah satu faktor utama yaitu karena memangkas waktu tempuh cukup signifikan antara Manado dan Bitung, hanya menjadi setengah jam saja. Diharapkan dengan hal ini juga akan menurunkan biaya logistik serta mendukung pengembangan kawasan industri dan pariwisata di Manado dan sekitarnya,” tukas George.

 
Secara keseluruhan, total panjang Jalan Tol Manado-Bitung adalah 39 Km yang dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 Km) yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 Km) yang dibangun PT JMB. Jalan Tol Manado-Bitung yang dibangun sejak 2017 memiliki total investasi sebesar Rp4,95 triliun dengan masa konsesi 40 tahun.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif