Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat Rakernas Pembangunan Pertanian 2021 dengan Presiden Joko Widodo. Foto: dok BPMI Setpres.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat Rakernas Pembangunan Pertanian 2021 dengan Presiden Joko Widodo. Foto: dok BPMI Setpres.

Mentan Siap Kurangi Ketergantungan Impor

Ekonomi jokowi pertanian Kementerian Pertanian Syahrul Yasin Limpo
Ade Hapsari Lestarini • 11 Januari 2021 17:48
Jakarta: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendorong Kementerian Pertanian (Kementan) meningkatkan produksi pangan nasional. Jokowi berharap upaya tersebut mampu mengurangi beban impor serta menjawab harapan banyak masyarakat terhadap kebutuhan pangan nasional.
 
Terkait ini, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengaku siap mengurangi ketergantungan impor dengan meningkatkan produksi pangan nasional. Menurut Mentan, saat ini jajaran Kementan sudah memiliki kebijakan jangka panjang yang bisa menekan angka impor.
 
"Saya sudah perintahkan kepada seluruh jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menjawab tantangan ini. Saya mau 200 hari dari sekarang kita sudah bisa kasih jawaban ke Presiden," ujar Syahrul, saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) bertema "Memperkuat peran sektor pertanian dalam menopang pertumbuhan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19", di Istana Negara, Jakarta, Senin, 11 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 2020 impor pangan berkurang sebesar 10 persen. Penurunan tersebut disebabkan karena pemerintah memiliki program jangka panjang yang fokus membangun sumber pangan di tiap-tiap daerah.
 
"Perluasan area tanam di sejumlah daerah akan terus dilakukan sesuai arahan Presiden," tuturnya.
 
Jokowi menilai ketergantungan komoditas pangan impor bisa dikurangi melalui pendekatan pertanian modern dengan memanfaatkan teknologi dan penyediaan lahan pertanian yang luas di seluruh Provinsi.
 
"Kita tidak bisa melakukan cara yang lama yang sudah bertahun tahun lalu. Kita butuh inovasi dan rutinitas yang tidak biasa," pungkasnya.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif