Ilustrasi. FOTO: MI/SUMARYANTO
Ilustrasi. FOTO: MI/SUMARYANTO

Pemerintah Disarankan Kembali Terapkan PSBB Total untuk Hentikan Lonjakan Covid-19

Ekonomi Virus Korona Ekonomi Indonesia covid-19 PSBB
Eko Nordiansyah • 19 Juni 2021 12:15
Jakarta: Pemerintah disarankan untuk kembali menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara menyeluruh atau total demi menekan kenaikan kasus covid-19. Apalagi sejumlah daerah saat ini sudah memasuki zona merah.
 
Ekonom senior Fadhil Hasan meminta pemerintah untuk tidak ragu menerapkan PSBB menyeluruh dan mempercepat vaksinasi. Langkah ini diharapkan mampu menekan laju covid-19 yang dikhawatirkan bisa mengancam pemulihan ekonomi.
 
"Demi pemulihan kesehatan publik, pemerintah sebaiknya menerapkan kembali PSBB dan sekaligus mempercepat vaksinasi," kata dia, dalam keterangan resminya, di Jakarta, Sabtu, 19 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, lonjakan kasus serta adanya temuan varian covid-19 baru akan membawa pengaruh negatif terhadap perekonomian. Jika tidak ditangani secara cepat, ia khawatir ekonomi akan kembali ke zona resesi seperti yang terjadi pada tahun lalu.  
 
"Varian Delta ini seperti kotak pandora, bila kita menyikapinya biasa-biasa saja dan akhirnya terbuka, ancaman resesi dapat terjadi di sepanjang 2021," ungkap dia.
 
Selain menerapkan PSBB di zona merah, Fadhil meminta pemerintah untuk mempercepat vaksinasi di daerah tersebut untuk mencegah penyebaran lebih lanjut covid-19. Program 3 T juga perlu dilaksanakan secara serius, serta protokol kesehatan yang ketat.  
 
"Pemberlakuan PSBB di daerah zona merah perlu dilaksanakan dengan menutup untuk sementara berbagai kegiatan masyarakat yang mengundang kerumunan masa, kegiatan ibadah, tempat hiburan dan pariwisata, mall, dan lain-lain. PSBB juga harus dilaksanakan dengan lebih efektif dan tegas lagi," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif