Ilustrasi. FOTO: MI/SUSANTO
Ilustrasi. FOTO: MI/SUSANTO

PLN Tangguhkan Penghitungan Pemakaian Listrik Pascabayar

Ekonomi pln
Suci Sedya Utami • 26 Maret 2020 10:20
Jakarta: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) menangguhkan pencatatan dan pemeriksaan stand meter pelanggan untuk sementara waktu guna mencegah penyebaran wabah virus korona (covid-19) di Tanah Air.
 
Sebagai gantinya perusahaaan setrum tersebut menerapkan kebijakan perhitungan rata-rata pemakaian listrik selama tiga bulan terakhir untuk pelanggan pascabayar. Hal ini berlaku untuk pembayaran rekening pada April.
 
Senior Executive Vice President (SEVP) Dept Bisnis & Pelayanan Pelanggan PLN Yuddy Setyo Wicaksono menjelaskan untuk pembayaran listrik pada April perhitungannya menggunakan data historis rata-rata pemakaian kilo watt amphere (kWh) pada Desember, Januari, dan Februari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal ini dilakukan untuk menghindari pembaca atau pencatat meter melakukan kunjungan ke rumah-rumah pelanggan sehingga upaya pencegahan penyebaran virus korona sebagaimana yang menjadi imbauan pemerintah untuk melaksanakan Work From Home dan Physical Distancing dapat berhasil," kata Yuddy, dalam keterangan resmi, Kamis, 26 Maret 2020.
 
Kebijakan ini diberlakukan agar pelanggan merasa tenang dan tidak perlu repot dan khawatir untuk berinteraksi dengan petugas. Dirinya menambahkan jika ada pengaduan atau keluhan pelanggan terkait ketidaksesuaian pencatatan stand akhir kWh meter dan perhitungan rekening, akan diperhitungkan pada rekening bulan depan.
 
Artinya, pelanggan tetap tidak akan dirugikan. Pengaduan bisa langsung disampaikan ke contact center PLN 123. PLN juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pembayaran secara online untuk meminimalisir kontak fisik antara pelanggan dengan petugas.
 
"Jadi sebagai upaya preventif mencegah penularan covid-19 kami mengajak pelanggan untuk memaksimalkan pembayaran listrik secara online,” tutur Yuddy.
 
Pembayaran listrik dapat dilakukan di mana saja tanpa harus mendatangi kantor PLN. Di antaranya melalui ATM, Internet Banking, SMS Banking, Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) seperti Link Aja, Gopay, dan sebagainya ataupun melalui aplikasi E-Commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan sebagainya.
 
Bukan hanya pembayaran, pelanggan PLN juga dapat memaksimalkan pelayanan PLN secara online 123 ataupun Aplikasi PLN Mobile, baik untuk layanan informasi tagihan, sambung baru, perubahan daya, penyambungan sementara maupun pengaduan pelanggan.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif