Bank Indonesia. Foto : MI.
Bank Indonesia. Foto : MI.

Tanggapan BI soal Koin Sawit Harga Selangit

Ekonomi Bank Indonesia
Husen Miftahudin • 05 Juli 2020 09:54
Jakarta: Bank Indonesia (BI) memberi komentar terkait tingginya harga uang koin pecahan Rp1.000 bergambar kelapa sawit. Koin tersebut menyita perhatian lantaran dibanderol dengan harga fantastis per kepingnya.
 
Dalam pernyataan resmi yang diunggah Bank Indonesia di media sosial instagram, bank sentral tak mempersoalkan koin sawit dibanderol dengan harga selangit. Harga tinggi itu bergantung pada kesepakatan penjual dan pembeli.
 
"Jika membeli uang tersebut untuk koleksi (bukan transaksi), maka harga uang logam ini bergantung pada kesepakatan pembeli dan penjual," ujar @bank_indonesia yang dikutip Medcom.id, Minggu, 5 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun bank sentral mengingatkan, koin sawit pecahan Rp1.000 emisi 1993 itu masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia. Hal ini mengacu pada Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 18/26/PBI/2016 tentang Pengeluaran Uang Rupiah Logam Pecahan Rp1.000 Tahun Emisi 2016.
 
Dengan begitu, masyarakat masih bisa menggunakan logam pecahan ini sebagai alat transaksi ketika belanja kebutuhan sehari-hari. Jika uang koin sawit ini digunakan sebagai alat transaksi, maka nilai tukarnya masih sama dengan nominalnya.
 
"Uang logam pecahan Rp1.000 ini belum ditarik dari peredaran, sehingga nilai tukarnya untuk bertransaksi masih sama dengan nominalnya," terang Bank Indonesia.
 
Beberapa waktu belakangan koin sawit jadi perbincangan hangat warganet. Maklum beberapa penjaja di sejumlah situs jual beli daring (e-commerce) memasang harga koin ini hingga ratusan juta per kepingnya. Namun masih belum diketahui pasti koin sawit tersebut bisa dibanderol dengan harga selangit.
 
Berdasarkan pantauan Medcom.id, koin sawit itu dijual dengan beragam kondisi dan tahun emisi. Ada yang menjual dalam kondisi bagus dan baru yang belum pernah terpakai, bekas, hingga cetakan koin bimetal yang eror. Untuk tahun emisinya, 1993, 1994, dan 1996.
 
Untuk harga, satu koin sawit dibanderol mulai dari Rp1 juta, Rp2 juta, Rp5 juta, Rp10 juta, Rp15 juta, Rp17 juta, Rp20 juta, Rp25 juta, Rp30 juta, Rp50 juta, Rp100 juta, Rp150 juta, hingga Rp300 juta.

 

(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif