Tiongkok. Foto : AFP.
Tiongkok. Foto : AFP.

Isu Produk Terpapar Covid-19 tak Ganggu Ekspor RI ke Tiongkok

Ekonomi ekspor covid-19
Ilham wibowo • 21 September 2020 10:53
Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) optimistis ekspor produk Indonesia ke Tiongkok diproyeksi bisa terus meningkat. Isu temuan virus korona (covid-19) di kemasan produk perikanan Indonesia yang dikirim ke Negeri Tirai Bambu tersebut dipastikan telah ditangani dengan baik.
 
Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kemendag Olvy Andrianita mengatakan bahwa temuan tersebut telah diinvestigasi oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Hanya pasokan produk laut ke Tiongkok dari PT Putri Indah yang sementara terpaksa ditunda karena terindikasi covid-19.
 
"Menurut saya itu hanya kasus yang terjadi pada perusahaan tertentu dan untuk shipment tersebut. KKP sebagai Competent Authority (CA) untuk sektor perikanan sudah melakukan tindakan pengamanan juga," kata Olvy kepada Medcom.id, Senin, 21 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Olvy memastikan bahwa saat ini Pemerintah terus menjaga semua kegiatan ekspor dan impor harus sejalan dengan protokol kesehatan. Produk olahan perikanan Indonesia tersebut berada dalam momentum tren peningkatan ekspor yang cukup signifikan secara global.
 
Ia pun meyakini isu wabah tak akan memunculkan efek domino terhadap ekspor produk perikanan dan makanan olahan Indonesia. Selama pandemi dan pemulihan ekonomi, Tiongkok sangat membutuhkan produk pangan dari Indonesia.
 
"Kasus tersebut saya percaya tidak akan mengganggu ekspor Indonesia ke dunia termasuk Tiongkok" ucap Olvy.
 
Produk ekspor Indonesia lainnya juga masih bisa terus ditingkatkan dengan memanfaatkan pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang merupakan satu di antara pasar terbesar perdagangan Indonesia. Surplus perdagangan RI yang terjadi pada Agustus 2020 diyakini bisa terus berlanjut hingga 2021.
 
"Selain perikanan banyak juga produk yang diekspor Indonesia ke Tiongkok mulai dari makanan minuman, kopi, sampai batubara dan beberapa jenis tekstil. Indonesia juga mengimpor produk yang dibutuhkan dari Tiongkok sebagai bahan baku dan penolong industri untuk orientasi ekspor," ujarnya.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif