Ilustrasi. Foto: MI/MI/Galih Pradipta
Ilustrasi. Foto: MI/MI/Galih Pradipta

2021, Pemerintah Fokus Reformasi Sosial dan Pemulihan Ekonomi

Ekonomi ekonomi indonesia virus corona Pemulihan Ekonomi
Eko Nordiansyah • 12 Mei 2020 12:04
Jakarta: Pemerintah akan memfokuskan pembangunan pada reformasi sosial dan pemulihan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021. Fokus rencana pembangunan ini tak lepas dari dampak yang ditimbulkan dari pandemi virus korona (covid-19) pada tahun ini.
 
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan reformasi sosial dilakukan pada bidang kesehatan, perlindungan sosial, sekaligus ketahanan bencana. Hal ini juga sesuai arahan Presiden Joko Widodo.
 
"Bapak Presiden sampaikan pada Bappenas untuk redesign sistem kesehatan nasional. Untuk redesign perlindungan sosial dan ketahanan bencana. Yang saat ini ketahanan bencana terkait bencana alam, kita harus pikirkan non alam," kata dia dalam Rakorbangpus secara virtual di Jakarta, Selasa, 12 Mei 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan redesign akan mulai dilakukan pada tahun depan. Pemerintah akan menyiapkan berbagai program guna memperbaiki layanan kesehatan serta perlindungan sosial. Ini untuk mempersiapkan diri ketika terjadi pandemi seperti sekarang ini.
 
Selain itu, pemerintah juga mempercepat proses pemulihan ekonomi yang mengalami tekanan imbas covid-19. Pemulihan ekonomi diperlukan untuk mengangkat kembali berbagai indikator seperti kemiskinan dan pengangguran yang diprediksi akan mengalami lonjakan.
 
"Tema RKP selain reformasi sosial, yakni percepat pemulihan ekonomi. Jadi, ini duet yang berbeda satunya melakukan reformasi, lebih khusus untuk kesehatan nasional, kemudian kita mendorong percepatan pemulihan ekonmi," ungkapnya.
 
"Pemulihan ekonomi tentu tidak bisa diabaikan begitu saja. Pemulihan ekonomi akan mulai pada sektor-sektor yang dapat memulihkan lebih cepat. Utamanya terkait dengan lapangan kerja, karena lapangan kerja penting sekali," lanjut dia.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif