Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Anggitondi M
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Anggitondi M

KAI Beberkan Strategi Bertahan dan Pulih dari Dampak Pandemi Covid-19

Ekonomi BUMN PT KAI pandemi covid-19
Eko Nordiansyah • 08 Desember 2021 22:15
Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki strategi resiliensi dan recovery dalam masa pandemi covid-19. Strategi yang diterapkan yaitu melindungi pegawai dan pelanggan dari covid-19, menjaga likuiditas dan solvabilitas, menerapkan program efisiensi, reprioritisasi anggaran, dan pengurangan biaya, serta mengoptimalkan sumber-sumber pendapatan.
 
Direktur Utama KAI Didiek Hartanto mengatakan, nilai-nilai utama AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) serta good corporate governance (GCG) menjadi fondasi yang mendasari seluruh strategi KAI dalam mencapai misi KAI yaitu menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia.
 
"Kami mengambil pelajaran dari pandemi covid-19 dengan melakukan triple transformation sekaligus yaitu transformasi digital, transformasi organisasi, dan tranformasi budaya untuk dapat lebih agile dan adaptif dalam menghadapi perubahan dengan menanamkan core values AKHLAK," kata dia dalam keterangan resminya, Rabu, 8 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Atas upaya selama pandemi covid-19 ini, KAI meraih penghargaan sebagai Indonesia Trusted Company berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI) dari Majalah SWA dan The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG). Penghargaan ini diberikan dalam ajang Indonesia Good Corporate Governance Award 2021.
 
"Terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada KAI dalam acara Indonesia Good Corporate Governance Award 2021. Nilai GCG KAI terus meningkat, hal ini mencerminkan konsistensi upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola perusahaan, termasuk dalam implementasi strategi resiliensi pandemi," ujar Didiek.
 
Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang berkomitmen dan konsisten menerapkan GCG secara berkelanjutan berdasarkan hasil pemeringkatan CGPI 2020. Adapun ruang lingkup penilaian yaitu pencapaian kinerja keuangan dan non keuangan perusahaan, kepatuhan terhadap berbagai peraturan perundang-undangan dan pengendalian manajemen, serta keselarasan terhadap etika, norma, dan tata nilai.
 
Dalam pelaksanaan tata kelola perusahaan, KAI selalu berdasar pada prinsip GCG yaitu transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian, dan kewajaran. Pemeringkatan Indonesia Good Corporate Governance Award 2021 ini merupakan penghargaan pertama sejak terakhir KAI mengikuti kompetisi ini pada 2015 dengan meraih kategori Trusted Company.
 
"KAI akan terus konsisten dan meningkatkan kualitas implementasi GCG lebih baik lagi dengan menerapkan sistem berbasis transformasi digital pada tahun depan serta meningkatkan knowledge management sebagai support system. Sehingga diharapkan akan meningkatkan kepatuhan dan dengan transformasi digital akan memudahkan monitoring penerapan GCG di perusahaan," pungkasnya.
 
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif