Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok Kemenkeu
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok Kemenkeu

Sri Mulyani Ungkap Cara Pemerintah Hadapi Tantangan Teknologi Selama Pandemi

Ekonomi Sri Mulyani transformasi digital pandemi covid-19
Eko Nordiansyah • 21 Oktober 2020 13:55
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai penggunaan teknologi digital sangat bermanfaat selama pandemi covid-19. Namun pemerintah masih dihadapkan pada sejumlah tantangan agar teknologi tersebut dapat diakses semua orang.
 
Bahkan tidak semua pekerjaan bisa digantikan dengan menggunakan teknologi digital. Bahkan menurut penelitian dari CSIS, hanya satu dari lima pekerjaan yang bisa beralih menggunakan teknologi, sementara sisanya harus dikerjakan secara konvensional.
 
"Jadi, sementara mendukung digitalisasi, kita perlu mempertimbangkan mereka untuk pekerjaan yang tidak dapat mengubah perubahan ke berbasis teknologi dan menyediakan platform pada mekanisme untuk mengimbangi transformasi," katanya dalam webinar di Jakarta, Rabu, 21 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan sebagai negara dengan wilayah yang luas, akses internet yang beragam menjadi tantangan tersendiri lantaran dapat membatasi manfaat dan kegunaan aplikasi untuk layanan publik.
 
"Misalnya saat pembelajaran online dilakukan untuk memenuhi kebutuhan siswa selama masa pembatasan sosial, tidak semua siswa memiliki akses ke internet atau perangkat seluler. Beberapa bahkan buta huruf secara digital, sehingga rentan kehilangan pendidikan selama pandemi," jelas dia.

 
Oleh karena itu, pemerintah ingin momentum pandemi covid-19 dimanfaatkan untuk mempercepat transformasi digital. Sri Mulyani menjelaskan pemerintah telah menginvestasikan dana cukup besar untuk bisa memanfaatkan teknologi digital di masa depan.
 
"Kami mempersempit kesenjangan digital, dengan memberikan banyak akses internet melalui dukungan pemerintah. Kami memberikan subsidi listrik untuk 40 persen masyarakat termiskin, tersedianya internet gratis untuk siswa dan pengajar. Ini semua upaya untuk menyediakan fasilitas yang menjadi tulang punggung selama pandemi covid-19," ungkapnya.
 
Di sisi lain, pemerintah juga memberikan dukungan teknologi digital bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Apalagi selama ini para UMKM di daerah terpencil belum memiliki akses yang memadai untuk menjangkau teknologi digital.
 
"Kami juga menempatkan dukungan penting bagi UMKM dalam masa transisi dan mendorong transformasi digital untuk mereka memastikan kemampuannya dan mengadaptasi model bisnis baru. Sampai saat ini pemerintah telah mengembangkan sejumlah inisiatif untuk menghadapi tantangan yang timbul di bidang teknologi," pungkas dia.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif