Ilustrasi pekerja. Foto: MI/Ramdani
Ilustrasi pekerja. Foto: MI/Ramdani

Cuti Bersama di Sektor Swasta Bersifat Tidak Wajib

Ekonomi Kemenaker Cuti Bersama
Annisa ayu artanti • 27 Oktober 2020 13:06
Jakarta: Cuti bersama bagi pekerja sektor swasta bersifat fakultatif atau tidak wajib. Hal itu disampaikan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah seiring dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PAN-RB yang menetapkan cuti bersama jatuh pada 28 dan 30 Oktober 2020.
 
"Cuti bersama bagi sektor swasta itu fakultatif, maka pelaksanaannya berdasarkan kesepakatan serikat pekerja dan pengusaha dengan mempertimbangkan kebutuhan masing-masing perusahaan," kata Ida dalam keterangan tertulis, Selasa, 27 Oktober 2020.
 
Ida juga mengatakan kepada perusahaan-perusahaan yang tidak meliburkan pekerjanya di waktu cuti bersama ini, tidak akan dikenai sanksi atau denda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena fakultatif, maka tidak wajib dan tidak ada denda," ucapnya.
 
Beri upah lembur
 
Namun, bagi perusahaan yang tetap mempekerjakan pekerjanya selama libur cuti bersama diimbau untuk memberikan upah lembur.
 
"Dan apabila dinyatakan sebagai hari cuti bersama, tapi ternyata pekerja harus masuk kerja, maka berlaku upah lembur," ucapnya.
 
Kebijakan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah sudah menjadi bagian dalam cuti tahunan sebagaimana hak pekerja.
 
Pelaksanaan cuti bersama bersifat fakultatif atau pilihan sesuai dengan kesepakatan antara pengusaha dan pekerja dengan pengusaha, perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama dan peraturan perundang-undangan, dengan mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan operasional perusahaan.
 
Adapun, pekerja yang melaksanakan cuti pada hari cuti bersama, maka hak cuti yang diambil mengurangi hak atas cuti tahunan pekerja yang bersangkutan.
 
Sementara pekerja/buruh yang bekerja pada hari cuti bersama, maka hak cuti tahunannya tidak berkurang dan kepadanya dibayarkan upah seperti hari kerja biasa.

 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif