Ilustrasi pelaku UMKM batik. Foto: dok MI/Bagus Suryo.
Ilustrasi pelaku UMKM batik. Foto: dok MI/Bagus Suryo.

Apa Dampak Positif yang Dirasakan Penerima Banpres Produktif?

Ekonomi bansos Kementerian Koperasi dan UKM
Despian Nurhidayat • 18 November 2020 16:08
Jakarta: Banpres Produktif Usaha Mikro (PUM) bukan hanya sekedar bantuan langsung tunai yang diberikan pemerintah kepada pelaku usaha. Nyatanya, Banpres PUM telah menjadi momentum kebangkitan pelaku usaha mikro untuk kembali menegakkan kaki mereka setelah lumpuh akibat pandemi covid-19.
 
Seperti halnya yang dialami Diana Mariana, seorang pemilik usaha makanan ringan di Samarinda, Kalimantan Timur yang merasakan langsung manfaat dari Banpres PUM ini.
 
Sejak akhir 2017, Diana sudah mulai memasarkan makanan ringan dengan berbagai bahan olahan ikan yang diberi nama Dapoer Ikan Diana. Dia mengatakan bahwa omzet penjualannya sebelum pandemi mampu mencapai Rp10 juta per bulan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setelah pandemi, pendapatan saya turun sampai 50 persen atau sekitar Rp5 juta per bulan. Bahkan, tadinya saya mempekerjakan dua karyawan, tapi setelah pandemi saya harus mengurangi waktu mereka bekerja. Biasanya setiap hari jadi seminggu tiga kali saja," ungkap Diana saat ditemui dikediamannya Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa, 16 November 2020.
 
Setelah mendapatkan Banpres PUM pada Oktober 2020 lalu, Diana langsung merasakan manfaat nyata bagi usahanya. Dengan bantuan senilai Rp2,4 juta, Diana memakai bantuan tersebut untuk membeli bahan baku dan kemasan produknya. Alhasil, kini omzet penjualan makanan ringan milik Diana mampu meningkat menjadi 70 persen.
 
"Saya berterima kasih pada pemerintah karena bantuan ini sangat membantu memilihkan usaha saya," pungkasnya.
 
Hal yang sama juga dirasakan oleh Noura Ahdinufuz. Pelaku usaha di bidang percetakan bernama Mart's Advertising tersebut juga merasakan manfaat dari Banpres PUM.
 
"Dana yang kami dapat kemarin saya belikan mesin untuk cutting sticker. Jadi ini juga mempermudah pekerjaan kami. Terima kasih pada pemerintah atas bantuan ini," pungkas Noura.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif