Pemerintah Indonesia menyerukan negara G20 untuk bersama-sama menjaga stabilitas dan ketahanan energi. Foto: AFP
Pemerintah Indonesia menyerukan negara G20 untuk bersama-sama menjaga stabilitas dan ketahanan energi. Foto: AFP

Menteri ESDM Ajak Negara G20 Kolaborasi Ketahanan Energi

Ekonomi migas Kementerian ESDM Energi Terbarukan
Suci Sedya Utami • 30 September 2020 19:51
Jakarta: Pemerintah Indonesia menyerukan negara anggota yang tergabung dalam kelompok 20 perekonomian terbesar (G20) untuk bersama-sama menjaga stabilitas dan ketahanan energi di tengah tantangan perekonomian global dan situasi pandemi covid-19.
 
Pesan ini disampaikan langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif saat mengikuti pertemuan virtual Menteri-Menteri Energi Anggota G20 atau G20 Energy Ministers' Meeting.
 
"Covid-19 telah menciptakan krisis ekonomi dan menurunkan permintaan energi. Sebaiknya, semua (anggota) G20 bahu membahu memastikan stabilitas pasar energi dan menjaga keterjangkuan (pasokan). Indonesia mengutamakan betul hal ini," kata Arifin seperti dilansir dari laman resmi Kementerian ESDM, Rabu, 30 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Guna mengatasi permasalahan di sektor energi, sambung Arifin, Indonesia mengedepankan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai proyek pemulihan investasi. Ia bilang, Indonesia tengah menyiapkan terobosan kebijakan yang lebih ramah lingkungan kepada para investor.
 
Langkah lain yang ditempuh Pemerintah Indonesia yakni dengan memperkuat kolaborasi data bersama di sektor energi yang lebih luas dan transparan melalui platform yang telah ada yaitu Joint Organization Data Initiative (JODI).
 
"Kolaborasi (data) ini akan meningkatkan kualitas dan keterbukaan data dan informasi. Ini dipastikan menggairahkan investasi energi," kata Arifin.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif