Ilustrasi benih lobster. Foto: dok KKP.
Ilustrasi benih lobster. Foto: dok KKP.

5 Populer Ekonomi, Ekspor Benih Lobster hingga Gerak Rupiah

Ekonomi Berita Menarik Ekonomi Sepekan Berita Terpopuler Hari Ini Berita Terpopuler Ekonomi
Ade Hapsari Lestarini • 30 November 2020 07:20
Jakarta: Berita-berita terpopuler ekonomi pada Minggu, 29 November 2020 masih didominasi oleh pemberitaan terkait ekspor benih lobster.
 
Tak hanya itu, tinjauan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya ke proyek pembangunan LRT Jabodebek lintas 2 pun menjadi sorotan pembaca.
 
Berikut rangkuman lima berita terpopuler kemarin:

1. Sedang Dievaluasi Luhut, Keran Ekspor Benur Berpeluang Dibuka Kembali

Izin ekspor benur atau benih lobster berpeluang diizinkan kembali. Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Ad Interim sekaligus Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tengah mengevaluasi kebijakan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebijakan ekspor benur telah menyeret Edhy Prabowo dalam pusaran dugaan kasus korupsi. Edhy telah resmi mengajukan surat pengunduran diri sebagai Menteri KKP, pascapenahanan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
Baca berita selengkapnya di sini

2. Regulasi Benih Lobster Disarankan Fokus ke Budi Daya

Pengamat Kemaritiman dari Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Raja Oloan Saut Gurning menilai, regulasi benih lobster harus condong ke budi daya, bukan pada ekspor.
 
"Menurut saya seharusnya idealnya lebih didorong pembudidayaannya di perairan kita untuk manfaat berbagai komunitas mulai dari nelayan, eksportir pemilik izin serta berbagai entitas terkait lainnya," tutur Raja Oloan dikutip dari Mediaindonesia.com, Minggu, 29 November 2020.
 
Baca berita selengkapnya di sini

3. Menhub Minta Proyek Pembangunan LRT Jabodebek Lintas 2 Dipercepat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke proyek LRT Jabodebek di Lintas Pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas pada Minggu sore, 29 November 2020. Dalam kunjungannya, Menhub berharap pembangunan dapat diselesaikan pada akhir 2022.
 
"Progres pembangunan berjalan dengan baik, tapi saya minta ada penyelesaian masalah tanah, percepatan pembangunan, dan koordinasi dengan stakeholder yang ada, terutama yang berkaitan dengan antarmoda," jelas Menhub melalui keterangan tertulisnya, Minggu, 29 November 2020.
 
Baca berita selengkapnya di sini

4. Pekan Depan, Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Makin Menguat

Nilai tukar rupiah terus mengalami penguatan. Kondisi itu dipengaruhi berbagai sentimen domestik dan eksternal. Adapun pada Jumat pekan ini, rupiah ditutup menguat 0,07 persen atau 10 poin atau ke posisi Rp14.090 per USD. Sedangkan pada Kamis, rupiah bertengger di level Rp14.100 per USD.
 
Isu vaksin covid-19 masih menjadi sentimen positif untuk aset berisiko. Apalagi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengonfirmasi bahwa distribusi vaksin mulai dilakukan pada awal Desember.
 
Baca berita selengkapnya di sini

5. Nyaris Hilang Separuh, Sentul City Cetak Pendapatan Rp247 Miliar di Kuartal III

Emiten properti PT Sentul City Tbk (BKSL) berhasil meraih pendapatan sebesar Rp247 miliar pada kuartal III-2020. Pendapatan ini anjlok dari periode yang sama tahun sebelumnya.
 
Dilansir dari laporan keterbukaan Bursa Efek Indonesia (BEI), Minggu, 29 November 2020, pendapatan BKSL hampir hilang separuh dari periode yang sama tahun sebelumnya. Hasilnya, laba bruto mencapai Rp120 miliar pada kuartal III-2020 atau turun dari capaian periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp315 miliar.
 
Baca berita selengkapnya di sini
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif