Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin  - - Foto: Medcom/ Desi Angriani
Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin - - Foto: Medcom/ Desi Angriani

Subsidi Bunga UMKM Baru Terserap Rp1,3 Triliun

Ekonomi Kredit UMKM
Suci Sedya Utami • 12 Agustus 2020 16:58
Jakarta: Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin mengakui penyaluran subsidi bunga bagi Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) belum terserap optimal. Relaksasi bunga kredit melalui Himbara tersebut baru mencapai Rp1,3 triliun dari total pagu subsidi yang sebesar Rp35 triliun.
 
Namun jumlah tersebut telah menjangkau 13 juta UMKM dengan total outstanding pinjaman atau kredit sebesar Rp204 triliun.
 
"Dari pagu Rp35 triliun baru disalurkan Rp1,3 triliun, tetapi setelah kami amati karena pagunya memang terlalu besar," kata Budi dalam konferensi pers usai rapat di Istana Kepresidenan, Rabu, 12 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budi menjelaskan penyerapan anggaran baru mulai lancar dalam dua sampai tiga minggu terakhir. Saat ini Menteri Koperasi dan UMK Teten Masduki mengusulkan program baru agar pagu yang masih longgar dapat dimanfaatkan secara optimal.
 
"Penyerapan di awal memang agak pelan," imbuh dia.
 
Adapun pemerintah mengalokasikan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp607,65 triliun. Jumlah itu terdiri dari anggaran perlindungan sosial Rp203,90 triliun, insentif usaha Rp120,61 triliun, dukungan untuk UMKM Rp123,46 triliun, pembiayaan korporasi Rp53,57 triliun, serta sektoral kementerian/lembaga dan pemda Rp106,11 triliun.
 
Khusus bagi UMKM, dukungan tersebut diberikan dalam bentuk subsidi bunga, insentif pajak dan penjaminan untuk kredit modal kerja baru UMKM. Total subsidi bunga yang dianggarkan mencapai Rp35,28 triliun dengan target penerima sebanyak 60,66 juta rekening.
 
(Des)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif