Ilustrasi. Foto: Antara/Agung Rajasa
Ilustrasi. Foto: Antara/Agung Rajasa

Bangun Fasilitas Pengolahan Nikel, Vale dan 2 Perusahaan Tiongkok Bentuk Perusahaan Patungan

Ekonomi Tiongkok vale indonesia smelter nikel
Annisa ayu artanti • 24 Juni 2021 19:44
Jakarta: PT Vale Indonesia Tbk (INCO) bersama mitra kerja Taiyuan Iron & Steel Co, Ltd (Taigang) dan Shandong Xinhai Technology Co, Ltd (Xinhai) sepakat membentuk perusahaan patungan atau joint venture untuk pembangunan fasilitas pengolahan nikel.
 
Kesepakatan tersebut tercantum dalam dokumen perjanjian kerangka kerja sama proyek pembangunan smelter nikel di Xinhai Industrial Park, Morowali, Sulawesi Tengah.
 
CEO Vale Indonesia Febriany Eddy menjelaskan, dalam perjanjian tersebut, semua pihak menyetujui persentase Vale Indonesia dalam perusahaan patungan sebesar 49 persen. Sementara mitra kerja memiliki porsi sebesar 51 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Semua pihak juga menyetujui bahwa kebutuhan listrik nantinya akan bersumber dari pembangkit listrik tenaga gas untuk mendukung komitmen perusahaan dalam mengurangi emisi karbon.
 
"Kami menghargai bahwa mitra kami telah mendukung agenda rendah karbon Vale dengan menyepakati perubahan rencana dari pembangkit listrik tenaga batu bara menjadi gas," jelas Febriany dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis, 24 Juni 2021.
 
Selain itu, lanjut Febriany, semua pihak juga menyepakati dalam jangka waktu enam bulan sejak ditandatanganinya perjanjian ini akan menyelesaikan semua persyaratan teknis dan finansial yang diperlukan untuk mengambil keputusan investasi final. Kemudian, perusahaan patungan juga sepakat untuk menyelesaikan semua perjanjian definitif terkait hak dan kewajiban para pihak dalam perusahaan patungan.
 
"Kami percaya perjanjian ini merupakan bukti keselarasan komitmen keberlanjutan kami, di mana hal ini sangat penting bagi Vale. Kami yakin bahwa ketiga pihak akan saling melengkapi," ucapnya.
 
Sementara itu, Presiden Komisaris Vale Indonesia dan Wakil Presiden untuk Base Metals Vale Marks Travers mengatakan, perjanjian ini merupakan kesempatan perusahaan dalam mengembangkan komitmen dalam memperluas operasi perusahaan.
 
"Perjanjian ini merupakan kesempatan yang signifikan bagi Vale dan bagi Indonesia," kata Mark.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif