Ilustrasi pameran UMKM - - Foto: MI/ Moh Irfan
Ilustrasi pameran UMKM - - Foto: MI/ Moh Irfan

Gelar Pameran Ekspor UMKM, BRI Targetkan Transaksi Rp725 Miliar

Ekonomi ekspor pameran bri UMKM
Suci Sedya Utami • 01 Desember 2020 22:41
Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI akan menggelar pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berorientasi ekspor selama tiga hari. Dari pameran tersebut, BRI menargetkan transaksi sebesar USD50 juta atau setara Rp725 miliar (asumsi kurs Rp14.500 per USD).

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan penyelenggaraan UMKM Expo(rt) Brilian Preneur. sudah memasuki tahun kedua. Tujuan penyelenggaraan acara ini guna membantu UMKM dalam memasarkan produknya, terutama di tengah kondisi pandemi covid-19.
 
" Sebanyak 99 persen pelaku usaha di Indonesia merupakan UMKM dan 97 persen menyerap tenaga kerja di Tanah Air. Dengan melihat data fakta tersebut maka cara mulia untuk kita bantu mengembangkan UMKM khususnya dalam situasi sulit ini salam saja halnya menyelamatkan tenaga kerja Indonesia," kata Sunarso dalam virtual konferensi pers, Selasa, 1 Desember 2020.
 
Sunarso menginginkan agar produk UMKM yang ditampilkan dalam pameran diserap oleh pembeli domestik maupun mancanegara. Berkaca dari gelaran pameran tahun lalu, kata Sunarso, pihaknya berhasil mendatangkan 74 pembeli (buyers) dari luar negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia pun berharap pameran yang mengusung konsep hybrid atau virtual ini bisa menarik minat pengunjung dan pembeli melebihi tahun lalu. "Mudah-mudahan tahun ini bisa lebih dari itu, karena dilakukan secara virtual. Syukur bisa lebih dari USD50 juta. Tapi yang paling penting setelah tiga hari itu banyak UMKM kita yang berkontrak dengan luar negeri," jelas dia.
 
Pameran ini akan menghadirkan lebih dari 400 UMKM yang terdiri dari kategori fashion, home decor and craft, accessories and beauty,  serta makanan dan minuman. Kurator Brilianpreneur Diana Nazir mengatakan proses kurasi telah dilakukan dalam dua tahap yakni Agustus dan Oktober dengan lebih dari 1.400 UMKM yang mendaftar.
 
"Proses kurasi ini benar-benar panjang, profesional dan menghasilkan UMKM yang layak tampil," jelas Diana. 

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif